Jalur Mudik Selatan Sepi Pemudik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jalur Mudik Selatan Sepi Pemudik

Jalur Mudik Selatan Sepi Pemudik

Written By Admin Raka on Selasa, 12 Juni 2018 | 11.30.00

PANGKALAN, RAKA - Jalur alternatif selatan, tepatnya jalan utama perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Karawang di perlintasan Kecamatan Pangkalan Selatan masih sepi pemudik. Diduga kendaraan pemudik lebih memilih jalan barat karena langsung tersambung dengan jalan tol.

Dijelaskan jalur alternatif selatan itu selalu dipergunakan pemudik dari arah Cibubur, Jakarta Timur ke arah timur yaitu Jonggol dan Cariu sebelum masuk ke arah Selatan dan Timur sebagai perlintasan menuju arah Jawa Barat dan Jawa Tengah. "Biasanya yang menggunakan motor mereka lebih memilih melintasi selatan ke arah Bandung, melewati Bendungan Jatiluhur akan tetapi kini sepi," ucap Uci (30), pemilik warung dadakan di jalur utama Cariu, Bogor, Senin (11/6).

Masih dilanjutkan Uci, rata-rata mereka yang melintasi jalur alternatif selatan adalah pemudik lokal yang bekerja di wilayah Jakarta dan pulang ke Loji untuk merayakan lebaran di kampung. Disamping menuju Purwakarta, itu pun Purwakarta Barat seperti Kecamatan Sukasari dan Kecamatan Bunder di Ciganea. Dirinya pun mengungkapkan, biasanya, malam akan terjadi penumpukan kendaraan, memang sesekali dia melihat sejumlah rombongan motor pemudik, masuk ke arah Cariu, Bogor, terus ke Karawang Selatan. Namun tidak mengalami kenaikan kendaraan yang cukup signifikan, dan tidak seperti tahun - tahun sebelumnya.

Sementara pengendara motor Yakub (33) warga Desa Jagatamu, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor mengatakan jika dirinya pemudik yang dalam perjalan pulang ke kampungnya.
"Kebetulan saja saya pulang hari ini. Saya kerja di Cileungsi, jadi tanggung pulang besok saya putuskan pulang sekarang. Mudiknya dekat tidak sampai berjam-jam gunakan motor," ucapnya.

Senada itu,  Wahyudin (29) mengungkapkan hal yang sama, kalau yang mudik ke arah Bandung menuju Giri Jaya karena jalan relatif adem dan tidak panas. Mereka jarang menggunakan jalur selatan Karawang, karena memutar. Dan kebanyakan hanya pemudik yang pulang ke Loji dan sekitarannya saja. "Kebanyakan bukan orang jauh, bukan yang pulang ke jawa atau ke wilayah lain. Kalau lintas Cariu kebanyakan orang Loji atau sekitarannya saja, dan mereka memilih lintasan Cariu. Kalau yang jauh seperti ke Bandung atau ke wilayah lain Garut, Ciamis biasanya menggunakan jalur Karawang dan Cianjur karena lebih dekat," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template