Jalur Arteri Klari Macet - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jalur Arteri Klari Macet

Jalur Arteri Klari Macet

Written By Admin Raka on Kamis, 21 Juni 2018 | 15.30.00

Puncak Arus Balik Dua Kali

KLARI, RAKA - Kabupaten Karawang menjadi jalur yang dilintasi oleh para pemudik. Ada ribuan kendaraan roda dua dan empat yang melintasi Karawang, baik lewat tol maupun jalur arteri. Bahkan jalur arteri Klari menjadi jalur paling parah pada musim mudik dan balik Lebaran tahun ini.
Pantauan di lapangan, kepadatan kendaraan terlihat sejak memasuki Cikampek, kondisi itu terus mengular hingga lampu merah jalan baru. Terutama di titik-titik pertigaan dan pasar, kondisi kendaraan semakin padat.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Karawang Arif Bijaksana, puncak arus balik akan terjadi duga gelombang. Hal itu dikarenakan pasca libur Lebaran ada yang mulai masuk kerja pada hari Kamis dan ada yang cuti dan masuk kerja pada hari Senin besok. "Jadi puncak arus baliknya kemarin (H+4) yang mendominasi tetap roda dua hingga 330 ribu unit," kata Arif kepada Radar Karawang, Rabu (20/6).

Sedangkan untuk H+5 arus kendaraan yang melintasi Karawang sudah mulai menurun. Petugaspun berjaga disetiap titik kemacetan untuk mengatur lalu lintas. "Ini juga lagi di lapangan," ujarnya.
Untuk puncak arus mudik gelombang kedua dia memperkirakan akan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu. Sedangkan untuk hari Kamis dan Jumat kondisi arus kendaraan yang melintasi Karawang diperkirakan akan mulai menurun. "Besok (hari ini) diperkirakan lengang, nanti ramai lagi Sabtu Minggu paling," ujarnya.

Disinggung mengenai adanya penutupan jalur gerbang Tol Karawang Timur, dia menyampaikan, skema itu sengaja dilakukan untuk mengatur arus lalu lintas. Karena jalur Tol Cikampek-Jakarta diberlakukan satu arah. "Kalau one way ditutup (Gerbang Tol Karawang Timur), kalau tidak one way dibuka," ujarnya.

Sementara informasi yang dihimpun Radar Karawang, Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah Jalan Tol Cikampek-Jakarta ke arah Jakarta mulai dari KM 72 hingga KM 3 di Cawang. Untuk pengguna jalan dari Jakarta ke arah Cikampek, dialihkan melalui Kali Malang. "One way diberlakukan mulai KM 72 hingga KM 3 di Cawang," ujar Faiza Riani, Customer & Employee Relations Manager PT Jasa Marga Tbk dalam keterangannya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template