Irigasi Rawamerta Tercemar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Irigasi Rawamerta Tercemar

Irigasi Rawamerta Tercemar

Written By Admin Raka on Jumat, 29 Juni 2018 | 18.06.00

RAWAMERTA, RAKA- Nampaknya pencemaran air akibat limbah tidak hanya terjadi di aliran sungai yang terdapat pabrik saja. Namun pencemaran sudah merambah ke pedesaan. Seperti yang terjadi di saluran irigasi Rawamerta BR 3 Desa Sukamerta Kecamatan Rawameta.

Berdasarkan pantauan Radar Karawang, saluran irigasi tersebut dipenuhi busa yang diduga berasal dari limbah perusahaan yang sengaja dibuang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Menurut salah seorang warga yang tinggal di bantaran irigasi, Icih (42), busa putih mulai memenuhi saluran irigasi sejak pagi hingga malam hari. Dirinya mengaku tidak mengetahui asal muasal busa tersebut, apakan dari perusahaan atau bukan. Pasalnya, di Kecamatan Rawamerta tidak ada perusahaan atau pabrik yang beroprasi. "Saya gak tau busa itu datang dari mana, yang pasti banyak banget dan terlihat seperti busa sabun," ujarnya kepada Radar Karawang.

Dirinya mengakui baru pertama kali melihat busa yang mengapung di irigasi sebanyak itu. Khawatirnya, dampak busa yabg diduga dari limbah tersebut mengganggu kesehatan keluarganya, karena aktivitas mencuci yang ia lakukan di salah satu saluran selokan yang alirannya dari irigasi tersebut. "Khawatir berdampak kepada keluarga, karena kan selokan yang biasa dipake saya cuci baju dan piring airnya dari saluran irigasi," katanya.

Sedangkan menurut warga lainnya, Eka Adi Pratama, saluran irigasi tersebut sering dipenuhi busa putih, namun Senin kemarin yang paling parah. Ia menduga limbah tersebut berasal dari perusahaan di luar Kecamatan Rawamerta. Karena diketahui, di wilayah Kecamatan Rawamerta sendiri tidak terdapat pabrik. "Saya kurang tau dari mana busa itu berasal, yang pasti banyak banget. Sepanjang irigasi saja sampai ke BR 4," ucapnya.

Dirinya berharap pihak terkait segera membongkar oknum yang sengaja membuang barang yang diduga limbah ke aliran irigasi. Karena, saluran irigasi ini banyak digunakan oleh warga untuk beraktivitas. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template