Irema Uswatun Hasanah Ajari Siswa Kitab Kuning - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Irema Uswatun Hasanah Ajari Siswa Kitab Kuning

Irema Uswatun Hasanah Ajari Siswa Kitab Kuning

Written By Admin Raka on Minggu, 10 Juni 2018 | 14.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Ikatan Remaja Mesjid Uswatun Hasanah gelar pesantren 2 minggu sebelum perayaan Idul Fitri. Kegiatan ini dilakukan, sebagai pembinaan agama bagi para pelajar.
Panitia pelaksana Fahmi Rizal mengatakan, kegiatan tersebut disamping menjadi agenda tahunan juga untuk mengisi waktu libur sekolah. "Pesantren Ramadan biasanya dimulai sewaktu awal kegiatan, tapi kita mulai mau menjelang akhir untuk mengoptimalkan waktu juga, supaya jadi lebih banyak kalau libur sekolah," terang dia, kepada wartawan.

Dia juga mengatakan, untuk waktu pelaksanaannya selama seminggu dengan jam masuk dari mulai jam 1 siang hingga jam 5 sore. "Waktunya agak panjang, jadi satu materi bisa sampai 2 jam. Kalau biasanya belajar Alquran cuma sejam, di sini bisa lebih," jelas paparnya.

Ia juga mengatakan, materi yang dikaji selama pondok Ramadan adalah salah satunya ialah kitab kuning. "Yang pasti, pengajian akan diisi oleh santri. Program ini akan diisi oleh santri yang lebih senior dan sudah menguasainya, sehingga model belajarnya tutor sebaya," terang dia.

Selain itu, lanjut dia, ada juga materi pembelajaran Alquran tartil ditujukan bagi santri baru atau santri khusus Ramadan yang bacaan Alquran-nya kurang bagus. "Adapun pembinaan wawasan dasar keislaman adalah program yang ditujukan untuk peserta pondok Ramadan untuk santri non reguler yang memang khusus belajar Islam di bulan Ramadan saja, dan belum pernah belajar ilmu agama dasar Islam sama sekali," jelasnya.

Ia juga berharap, pesantren Ramadan yang diselenggarakan tersebut bisa efektif dalam mengajarkan keislaman kepada para santri. "Dengan waktu yang singkat ini, semoga dapat memberikan minimal dasar wawasan islam yang utuh sehingga bisa bermanfaat," pungkasnya. (ris)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template