Insentif Guru Honor Telat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Insentif Guru Honor Telat

Insentif Guru Honor Telat

Written By Admin Raka on Senin, 04 Juni 2018 | 12.00.00

Tertinggi Rp4,2 Juta, Terendah Rp2,4 Juta


TELAGASARI, RAKA - Para guru honorer di Karawang sedang galau karena tidak mendapat tunjangan hari raya lazimnya aparatur sipil negara (ASN). Tapi, kegalauan itu tampaknya akan sedikit sirna, setelah Pemerintah Kabupaten Karawang akan mencairkan insentif untuk para guru honorer pada minggu ini.

Bahkan insentif yang dulunya dinamakan tambahan penghasilan (tamsil) ini, akan cair sekaligus dengan besaran Rp2,4 juta sampai Rp4,2 juta pada pekan ini, setelah para guru honor harus menunggu selama enam bulan. Koorwilcambidik Kecamatan Telagasari Abdul Aziz mengatakan, jika ada yang menyebut guru honorer yang sudah NUPTK ada penggantian THR jutaan dari Pemerintah Kabupaten Karawang, dia tegaskan bahwa hal itu adalah hoaks. Sebab, yang ada adalah tamsil yang akan cair bagi para guru honorer yang sudah didata masa kerjanya. Yaitu masa kerja 0-10 tahun Rp400 ribu per bulan. Dan masa kerja lebih dari 10 tahun Rp 700 ribu per bulan. Insentif itu akan dicairkan sekaligus, karena 6 bulan terakhir memang belum cair. "Soal honorer yang NUPTK dapat THR sampai dengan rapat dinas, saya tidak mendapat petunjuk perihal yang dimaksud. Ada juga tamsil untuk guru honorer sesuai masa kerja akan cair dalam waktu yang dekat," katanya kepada Radar Karawang, kemarin.

Mantan kepala UPTD Kecamatan Purwasari ini menambahkan, tamsil atau insentif saat ini memang diberikan per semester, dan sejauh ini tidak ada tambahan lain-lain sepeti THR dan lainnya. Nominalnya pun beda-beda, ada yang Rp400 ribu ada juga Rp700 ribuan. "Sejauh ini gak ada tambahan lain-lain selain tamsil, jumlahnya juga beda-beda," katanya.

Koorwilcambidik Kecamatan Karawang Timur Udin Mahpudin mengatakan, tidak ada THR bagi honorer, tapi dana Peningkatan Mutu Manajemen Sekolah (PMMS) cair. Dan jatah tamsilnya akan cair di PMMS ini. Menurut kabar sebut adik ipar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang Dadan Sugardan ini, tamsil atau insentif honorer dari PMMS ini akan mulai cair Senin. Besarannya mungkin masih sama, yaitu Rp400 ribu sampai Rp700 ribuan sesuai masa kerja para honorer. "Ada tamsil, insya Allah kabarnya Senin juga cair yang satu semester ini," ungkapnya.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang Abbas Sudrajat mengatakan, pegawai yang dapat THR hanya PNS, sementara kalau non PNS tidak ada. Kecuali memiliki SK oleh PPK. Kalau yang model THL dan honorer, itu kontrak kegiatan dengan PA/KPA. "Tinggal liat saja adendum dalam PKS nya seperti apa, kalaupun ada tambahan buat THR, itu diatur bagaimana para pemberi jasanya atau OPD tempat mereka bertugas," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template