Hasil Zakat Fitrah Rp 3,5 Miliar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hasil Zakat Fitrah Rp 3,5 Miliar

Hasil Zakat Fitrah Rp 3,5 Miliar

Written By Admin Raka on Jumat, 22 Juni 2018 | 11.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Ketua Badan Amil Nasional (Baznas) Kabupaten Purwakarta H Saparudin S.Fil.I mengatakan, perolehan zakat fitrah tahun ini mengalami peningkatan di banding tahun lalu. Tercatat tahun lalu, capaian zakat fitrah mencapai Rp2,3 miliar, sedangkan untuk tahun ini meningkat menjadi Rp3,5 miliar.

"Bahkan pencapaian penerimaan zakat fitrah tahun ini melebihi target yang sudah ditetapkan yakni Rp3 miliar. Artinya, kepercayaan masyarakat untuk menyalurkan zakat fitrahnya melalui Baznas juga mengalami peningkatan," ujarnya, kepada sejumlah awak media, Kamis (21/6).

Ia menjelaskan,  imbauan Pj Bupati Purwakarta Mohammad Taufiq Budi Santoso agar ASN menyalurkan zakat fitrahnya melalui Baznas cukup berpengaruh. "Bahkan Pj Bupati sendiri langsung mencontohkan membayar zakat melalui loket Baznas yang dibuka di Rimah Dinas Bupati," katanya.
Saparudin menambahkan, pengumpulan zakat fitrah ini terbagi di beberapa titik. Seperti, zakat fitrah melalui counter, zakat fitrah di kecamatan, serta zakat fitrah yang dikumpulkan melalui instansi pemerintahan. Dari capaian zakat fitrah senilai Rp3,5 miliar ini, lanjutnya, langsung didistribusikan untuk 8 asnaf. Di antaranya yang paling mendominasi pendistribusiannya untuk fakir dan miskin, dengan alokasi mencapai Rp1,5 miliar. Kemudian, alokasi bagi fisabilillah mencapai Rp1,2 miliar. Untuk amilin, yang berada di unit pengumpulan zakat DKM, desa, kecamatan dan Baznas mencapai Rp350 juta. "Kita juga punya program bedah rumah bagi dhuafa, alokasinya Rp32 juta," ujar Saparudin.

Pihaknya pun mengapresiasi kepercayaan masyarakat dalam menyalurkan zakatnya melalui Baznas. Terutama, para pegawai di instansi pemerintahan. Mengingat, tahun-tahun sebelumnya, zakat dari pegawai pemerintah tidak terkumpul di Baznas. Melainkan, dikelola dan didistribusikan sendiri. "Untuk antisipasi, jauh-jauh hari kita sudah bersinergi dengan pemkab, supaya zakat fitrah pegawai bisa dikelola Baznas. Supaya, penyalurannya jelas dan terdata," ujarnya.

Sementara itu, Ketua RT40, RW04, Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta, Dadan Subhan, mengatakan, jumlah mustahik yang ada di lingkungan RT 40/04 mencapai 100 jiwa. Pada Idul Fitri tahun ini, mustahik menerima zakat Rp 130 ribu per jiwa. Selain uang, mustahik ini mendapatka beras sebanyak dua liter. "Ada peningkatan yang cukup signifikan. Sebab, tahun kemarin mustahik hanya menerima zakat sebesar Rp 30 ribu per jiwa," ujar Dadan. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template