Hari Tenang, Kampanye di Medsos Bisa Dipenjara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hari Tenang, Kampanye di Medsos Bisa Dipenjara

Hari Tenang, Kampanye di Medsos Bisa Dipenjara

Written By Admin Raka on Senin, 25 Juni 2018 | 13.00.00

APK Ditertibkan

PURWAKARTA,RAKA - Memasuki proses masa tenang pemilihan kepala daerah serentak 2018, petugas gabungan dari unsur Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Satpol PP, dan Panwascam Purwakarta mulai menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) Pilkada yang tersebar di 17 Kecamatan di wilayah Kabupaten Purwakarta, Minggu (24/6).

Proses penertiban APK tersebut mendapat pengawalan dari pihak kepolisian. Turut hadir dan mendampingi dalam kegiatan itu Ketua KPUD Purwakarta Ramlan Maulana M.Hum, dan Ketua Panwaslu Purwakarta Oyang Este  S.Fil.I. "Sasaran utama petugas gabungan tersebut di antaranya menertibkan jenis APK berbentuk baligo, spanduk, poster, dan bentuk lainnya yang terindikasi menjadi APK pilkada. "Semua APK kita tertibkan, kecuali yang berada di Posko Kabupaten (Posko pemenangan) Paslon," kata Oyang, yang akrab disapa Binos saat ditemui di lokasi.

Ia menjelaskan, ada sekitar 12.177 APK dari berbagai jenis yang tersebar di wilayah Purwakarta. "Tim gabungan saat ini akan menertibkan APK yang tersebar di wilayah kota. Sementara untuk wilayah lainnya sudah diserahkan kepada masing-masing Panwascam," ujarnya.

Sebelumnya, kata Binos, pihaknya sudah memberikan arahan kepada setiap pasangan calon (paslon), termasuk timsesnya, untuk menertiban atau membongkar sendiri APK-nya masing-masing. "Kalau pun nantinya masih ditemukan APK, akan langsung kita tertibkan," katanya.

Tak hanya menertibkan APK Oyang mengatakan, di masa tenang tersebut para timses maupun simpatisan dilarang untuk berkampanye di media sosial.

" Iya tidak boleh  sanksi bagi mereka yang kampanye di masa tenang adalah pidana bisa kurungan dan denda karena kampanye di luar jadwal," ujarnya.

Meski begitu ia mengatakan, di media sosial pengawas dilakukan di akun  yang telah terdaftar di KPU. "Karena panwas hanya melakukan pengawasan terhqdap akun-akun tersebut di luar itu, panwas tidak bisa masuk atau menindak," ujarnya.

Sementara itu, Kasat Sabhara Polres Purwakarta AKP Suparlan S.Pd menegaskan tugas kepolisian pada saat penertiban APK hanya sebatas pengawalan. "Meski begitu, kita tetap menurunkan kekuatan penuh, karena memang setial Sabtu malam selalu digelar patroli skala besar," ujarnya.

Dirinya juga mengingatkan agar berhati-hati saat menertibkan APK. "Jangan sampai mengenai kabel listrik, dan lainnya. Utamakan keselamatan dan terus berkoordinasi, termasuk dengan timses paslon. Pasalnya, ada beberapa mobil yang dibranding dan itu termasuk yang harus ditertibkan," ujarnya.(gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template