Forum PKBN Minta SMA Terbuka Dievaluasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Forum PKBN Minta SMA Terbuka Dievaluasi

Forum PKBN Minta SMA Terbuka Dievaluasi

Written By Admin Raka on Minggu, 24 Juni 2018 | 16.00.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Pasca Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun lalu, hampir semua SMA Negeri jor-joran membuka kran pendaftaran siswa baru dengan label SMA terbuka. Melalui label itu lulusan SMP usia 16-21 tahun berpeluang mendaftar di SMA induk yang kegiatan KBM nya di gelar di Tempat Kegiatan Belajar (TKB).

Selain disindir SMA/SMK Swasta karena dianggap serakah, Forum Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang konsen pada pendidikan non formal seperti Paket C, juga meminta pembukaan SMA terbuka di tahun ajaran ini dipertimbangkan ulang. "Kalau bisa dipertimbangkan ulang kenapa tidak fokuskan ke layanan lembaga pendidikan yang lebih dulu ada," ucap Ketua Forum PKBM Karawang Heru Saleh S.Pd, Jumat (22/6).

Dikatakan Heru semakin banyak lembaga layanan pendidikan baginya justru semakin bagus. Hanya saja, membuka SMA terbuka pasca PPDB diakuinya perlu dipertimbangkan ulang, karena ada baiknya konsen pada lembaga pendidikan yang sudah ada lebih dulu. Walaupun non formal seperti PKBM yang selama ini fokus menggarap program Paket C. Disisi lain, pemerintah harus samakan perhatiannya antara pendidikan formal dengan non formal.

Tidak boleh ada istilah perbedaan atau membeda-bedakan, baik dari sisi sarana hingga kesejahteraannya, apalagi PKBM ini lembaga yang lebih dulu ada yang harus dimaksimalkan, kalau semuanya bagus dan merata, ia yakin IPM Karawang juga meningkat.

Heru menambahkan, sejauh ini PKBM optimis melayani warga yang memang jarang tersentuh, karena sudah terbukti memberikan kontribusi mencerdaskan baik melalui pendidikan maupun ekonomi. Semoga saja, sekurang-kurangnya, perhatian untuk tidak membedakan -bedakan pendidikan formal dan non formal ini bisa direalisasikan optimal. "PKBM sudah memberikan kontribusi bagi pendidikan dan ekonomi masyarakat, jadi jangan ada perbedaan layanan," katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Cilamaya R Eman Sulaeman M.Pd mengatakan, pasca PPDB diakuinya, ada kemungkinan SMA terbuka dibuka lagi pendaftarannya, itupun bagi yang memiliki TKB aktif, karena ada juga TKB yang gak aktif karena tidak ada siswanya. Hanya sekolah-sekolah tertentu saja yang punya siswa banyak yang masih aktif TKB nya, kebetulan di SMA Cilamaya tidak ada dan tidak akan membuka SMA terbuka. "Pendaftaran SMA terbuka bisa ada lagi, itupun bagi TKB yang masih aktif," ucapnya. (rud)

Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template