DLHK akan Bahas Mudik Tanpa Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » DLHK akan Bahas Mudik Tanpa Sampah

DLHK akan Bahas Mudik Tanpa Sampah

Written By Admin Raka on Senin, 25 Juni 2018 | 17.15.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang akan membahas program Mudik Asyik tanpa Sampah Plastik milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kebersihan (KLHK). Pasalnya sampah plastik sampai saat ini masih sampah yang sulit dimusnahkan.

Kepala Bidang Kebersihan Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Nevi Fatimah mengatakan itu kepada Radar Karawang, Minggu (24/6) melalui pesan singkatnya. "Usai pelaksanaan mudik dan arus balik sampah liar makin marak, bahkan dari KLHK sendiri saat ini sedang mengkampanyekan Mudik Asyik Tanpa Sampah Plastik.

Untuk itu rencananya hari ini DLHK akan membahas persoalan sampah ini. Dikatakan Nevi, dari dampak yang ditimbulkan sampah plastik itu sangat besar. Makanya dengan mengurangi sampah anorganik, terutama plastik karena yang paling banyak dan sulit terurai, maka sampah bisa habis dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu sampai jadi organik dan itu tanpa melalui proses pengolahan dalam waktu kurang dari 6 bulan akan habis dengan sendirinya.

Meski diakui Nevi jika sampah plastik itu sendiri perlu waktu puluhan bahkan ratusan tahun agar dapat terurai. "Setelah proses mudik dan arus balik selesai, kita akan segera membersihkan sampah-sampah liar mulai dari besok," katanya.

Dikatakan Nevi juga, program Mudik Asyik Tanpa Sampah Pelastik milik kementrian akan jadi bahan pembahasan di tingkat kabupaten karawang khususnya mengenai sampah yang kian marak berada di wilayah Karawang. "Untuk sampah di Jalan Arteri pastinya akan menjadi tanggungjawab DLHK sepenuhnya. Tapi mudah-mudahan dengan adanya edukasi dan sosialisasi dari KLHK hal ini bisa sampai keseluruh masyarakat Indonesia. Sehingga setiap mudik sampah-sampah liar tersebut bisa diminimalisir di tahun berikutnya," ujarnya.

Kementerian LHK sendiri saat melakukan pemantauan lanjut Nevi, itu telah menjadi contoh dimana petugas kebersihan dan masyarakat harus bisa lebih aktif untuk meminimalkan terjadinya sampah liar diseluruh wilayah Karawang. "Hari Rabu sebelum lebaran ibu Menteri turun langsung ke lapangan untuk memantau kegiatan program Mudik Asyik tanpa Sampah Plastik. Dan itu dilakukan dititik pantau yang disidak Menteri untuk daerah Karawang yakni rest area KM 57 sedang arus baliknya di km 62," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template