Disperindag Operasi Pasar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disperindag Operasi Pasar

Disperindag Operasi Pasar

Written By Admin Raka on Selasa, 05 Juni 2018 | 14.00.00

Sembako Rp 75 Ribu Dijual Rp 45 Ribu 

TEGALWARU, RAKA - Tingginya harga kebutuhan pokok menjelang lebaran saat ini menjadi alasan ribuan orang di Kecamatan Tegalwaru mengunjungi pasar murah di halaman kantor Kecamatan Tegalwaru, Senin (4/6). Hanya dengan uang Rp 47.000 warga bisa mendapatkan barang belanjaan seharga sekitar Rp 75.000. 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) sebagai penyelenggara berharap pasar murah yang dilakukannya itu bisa menjadi operasi pasar untuk menekan tingginya harga kebutuhan pokok sekarang ini. Untuk itu, sejumlah persiapan pun sebelumnya telah dilakukan termasuk melibatkan pemerintah kecamatan Tegalwaru melakukan sosialisasi kepada warganya.

"Jumlah desa di kecamatan ini ada sembilan desa dan semuanya kita undang. Sedang sistem transaksi dilakukan melalui kupon," ucap Kasi Trantib Kecamatan Tegalwaru Kiki Baehaki. Sementara nilai kupon mencapai Rp 47.000 dan bisa mendapatkan 5 kg beras, 2 kg minyak sayur dan 1 kg gula yang kalau dihargai normal mencapai kisaran Rp 75.000.

Masih dikatakan Kiki, warga sendiri sudah diundang di tiga hari sebelum pelaksanaan dengan melibatkan ketua RT masing-masing agar tidak berdesakan dan tidak terjadi kericuhan saat pelaksanaan. Jumlah warga yang datang dari sembilan desa tersebut, kata Kiki, jika ditotal sesuai kupon yang dikeluarkan sebanyak 2417 warga. Dari jumlah tersebut sebanyak 276 orang diantaranya warga Desa Cintalaksana, disusul Cigunungsari 166 orang, Wargasetra 337 orang, Mekarbuana 375 Orang, Cintawargi 165 orang, Cintalanggeng 192 orang, Kutalanggeng 246 orang, Kutamaneuh 248 orang dan Cipurwasari 232 Orang.

Camat Tegalwaru H. Mahfudin. Msi. mengapresiasi terselenggaranya pembukaan pasar murah sembako ini. Warga di bulan ramadan mendapatkan keringan dengan membeli beberapa bahan sembako dengan harga terjangkau. "Kita berikan subsidi dari harga pasar, mekanismenya sendiri yaitu dengan menggunakan kupon sehingga arahnya benar-benar tertuju kepada masyarakat kita yang kurang mampu,” ujarnya.

Pasar Murah Sembako ini, lanjut camat digelar seperti tahun sebelumnya karena merupakan agenda tahunan. Dirinya pun berharap pasar murah itu bisa menurunkan harga kebutuhan pokok yang saat ini tinggi di pasar-pasar tradisional. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template