Disduk Gelar Operasi Yustisi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disduk Gelar Operasi Yustisi

Disduk Gelar Operasi Yustisi

Written By Admin Raka on Jumat, 22 Juni 2018 | 15.00.00

Waktu untuk Lengkapi Identitas Hanya Sebulan

KLARI, RAKA - Dalam rangka mendata para pendatang pasca Lebaran. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) Karawang mengadakan operasi yustisi di Terminal Klari.

"Diperkirakan jumlah pendatang baru pada tahun ini mencapai sebanyak 32.000 orang atau naik 10 persen dibanding tahun sebelumnya," terang Kadisdukcatpil Karawang, Yudi Yudiawan, di lingkungan Terminal Klari, Kamis (21/6).

Pendatang yang baru turun dari bus, langsung diperiksa dan didata identitasnya. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan setiap tahun terutama setelah libur Lebaran. "Tahun lalu juga kami melakukan hal yang sama," ujarnya.

Menurutnya, yang datang ke Karawang pada umumnya para pencari kerja, adapun asal daerah mereka adalah dari Jawa Tengah, Jawa Timur, kabupaten dan kota di Jawa Barat serta di luar pulau jawa seperti Sumatra.

"Data yang kami pegang, untuk pendatang pada bulan Januari hingga Juni 2018 sebanyak 11.600 orang," ujarnya.

Sedangkan tambah Yudi, pada 2016, jumlah pendatang sudah mencapai 30.000 orang, 2017 sebanyak 31.000 orang. Dia pemperkirakan pendatang yang masuk ke Kabupaten Karawang sampai akhir tahun bisa mencapai 32.000 orang. "Mereka yang tidak bisa menunjukkan kelengkapan administrasi kependudukan, kemudian diminta untuk segera melengkapi data kependudukan dengan jangka waktu selama satu bulan," ujarnya.

Sementara Camat Klari M Rachmat memastikan, selain operasi yustisi yang dilakukan di Terminal Klari oleh pihak Disdukcatpil, pihaknya juga akan meminta para kepala desa untuk bisa melakukan pendataan para pendatang. "Kali ini operasi yustisi dipimpin langsung oleh Pak Kadisdukcatpil, jadi bukan hanya pendatang ke Kecamatan Klari, tapi semua pendatang yang masuk ke Karawang, ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template