Dilarang Pungli Calon BPD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dilarang Pungli Calon BPD

Dilarang Pungli Calon BPD

Written By Admin Raka on Sabtu, 30 Juni 2018 | 17.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Panitia Pemilihan anggotas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pulomulya, Kecamatan Lemahabang Wadas menjamin tidak ada pungut uang terhadap bakal calon yang mendaftar. Biaya pemilihan yang dijatah Rp 10 juta selama tahapan itu dinilai sudah cukup menjadi modal pemilihan yang saat ini tengah dilakukan penjaringan hingga 2 Juli mendatang.

Ketua Panitia Pemilihan BPD Desa Pulomulya, Agie Spd. mengatakan itu kepada Radar Karawang, Jumat (29/6). Menurutnya, penjaringan bakal calon anggota BPD di Desa Pulomulya akan berakhir 2 Juli mendatang. Meskipun dijatah 5 orang kuotanya di Desa Pulomulya, sampai saat ini pihaknya baru menerima 5 pendaftar, baik dari tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan lainnya.

Jelang pemberkasan di verifikasi panitia, pihaknya, ucap Agie, mewanti-wanti agar para calon anggota BPD ini menyempurnakan syarat pendaftaranya, seperti ijasah terakhir yang sudah legalisir, SKCK dari Kepolisian, KK dan administrasi kependudukan lainnya. Jumlah pendaftar ini, bisa saja bertambah, atau bahkan mungkin labil saja sampai dengan Musyawarah Dusun (Musdus) dipertengahan bulan nanti. "Kita kuotanya lima orang dan yang baru daftar itu lima orang," tandasnya.

Agie menambahkan, pihaknya dijatah Rp 10 juta selama tahapan pemilihan BPD yang waktunya sampai dengan November nanti. Baginya itu sudah cukup untuk operasional para panitia, sehingga tidak perlu ada pungutan dan partisipasi dari calon BPD untuk menambahi kekurangan para panitia. Sehingga, ia yakinkan semua calon BPD untuk tidak memikirkan registrasi berbayar kepada panitia, karena semua kepanitiaan sudah ada anggarannya secara khusus.

Meskipun, sebut Agie, ada selentingan desa-desa lain kabarnya memungut uang ke para calon, utamanya calon BPD dengan jumlah banyak disatu desa, baik besaran Rp 300 ribuan maupun Rp 500 ribuan, tapi di Pulomulya sama sekali tidak ada. Adapun urusan operasional calon bolak balik mengurusi ijasah legalisir, SKCK dan surat Pengadilan, itu ditanggung sendiri diluar kewenangan panitia. "Kita tidak ada registrasi berbayar, semuanya gratis tinggal maunya daftar," celotehnya.
Kades Pulomulya, Odang Akrab mengatakan, panitia pemilihan BPD sudah dijatah di Alokasi Dana Desa (ADD) Rp 10 juta. Duitnya sebut Odang, sudah cair dan dibagikan untuk operasional panitia sampai November nanti. Soal calon pendaftar BPD, ia serahkan semuanya kepada panitia, sama sekali, kabar adanya pendaftar yang sudah mencapai 5 orang, sama sekali tidak tahu menahu, siapa saja calon-calon BPD tersebut.

Dirinya sebagai kades yang akan bermitra dengan BPD nanti tidak berwenang jauh intervensi urusan pemilihan BPD ini, karena semua kinerja dan teknisnya diatur oleh panitia sebelas." Kita sudah alokasikan Rp 10 juta buat panitia. Soal calon yang mendaftar juga gak tahu siapa saja, itu jadi domainnya panitia secara penuh, saya gak bisa intervensi apapun," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template