Bumdes Citalang Garap Pertanian - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bumdes Citalang Garap Pertanian

Bumdes Citalang Garap Pertanian

Written By Admin Raka on Selasa, 05 Juni 2018 | 13.00.00

Sudah Dibahas di Musyawarah


PURWAKARTA, RAKA - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Citalang yang baru terbentu di tahun 2018 ini, akan fokus menggarap soal pertanian dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wadah penggerak ekonomi desa.

Direktur Bumdes Citalang Ade Andi mengatakan, untuk menggarap program Bumdes masih dalam tahap perencanaan, karena baru terbentuk dan baru masuk pembahasan dalam musyawarah desa tahun 2018. "Masih belum menggarap apa-apa, baru pembentukan dan pengajuan modal usaha saja dalam musyawarah desa," jelas dia.

Ade juga mengatakan, untuk kedepannya dia akan fokus menggarap bidang pertanian dalam mengalokasikan modal usaha dari dana desa tahun 2018. "Sebagian dana tahun 2018 diperuntukan untuk modal Bumdes sebesar 50 juta untuk menggarap sektor pertanian, karena Desa Citalang banyak sawahnya, maka ini jadi lahan strategis untuk penguatan pertanian," jelas dia.

Dia juga mengatakan, karena alokasi dana desa tahun 2018 yang baru turun 20 persen diperuntukan untuk membangun sarana gedung olahraga, kemungkinan akan ada penyertaan modal di tahap 2. "Sudah masuk proposalnya dan sudah dibahas dalam musyawarah desa terkait usaha apa saja yang akan digarap oleh Bumdes, semoga di tahap ke dua bisa turun dan bisa langsung bekerja," jelasnya.
sementara Ketua Badan Permusyawaratan Desa (Bamusdes) Aan, mengatakan apapun kebijakan yang dilakukan oleh Desa Citalang, Bamusdes selalu terlibat di dalamnya. "Karena Bamusdes ialah badan untuk musyawarah ditingkat desa, maka kehadirannya selalu ada, untuk memutuskan apa saja yang akan digarap oleh desa," paparnya.

Diteruskannya, ada beberapa tahapan untuk memutuskan program, sebelum musyawarah desa, terlebih dahulu dilakukan musyawarah dusun. "Sebelum musyawarah desa ada musyawarah dusun terlebih dahulu, jadi para kadus menginventarisir apa saja kebutuhan di tiap dusun yang akan menjadi dasar untuk dimusyawarahkan di tingkat desa. Musdus lalu diajukan ke tingkat desa setelah itu dimusyarahkan dengan Bamusdes termasuk juga dalam pembuatan Apbdes, jadi Bamusdes selalu dilibatkan setiap perencanaan dan pelaksanaan program," terangnya. (ris)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template