Beduk Sanlat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Beduk Sanlat

Beduk Sanlat

Written By Admin Raka on Jumat, 01 Juni 2018 | 12.00.00

Belajar Sambil Dukuk dalam Pesantren Kilat


KARAWANG, RAKA - Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencetak generasi bangsa berkualitas serta memiliki keimanan dan ketakwaan yang tinggi, salah satunya dengan mengadakan Beduk Sanlat (Belajar Sambil Duduk dalam Pesantren Kilat), seperti yang tengah dilalukan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tri Mitra Kotabaru.

Wakasek Kesiswaan SKM Tri Mitra Kotabaru mengatakan Rendi Kurniawan S.Pd, salah satu indikator generasi berkualitas adalah lahirnya manusia cerdas secara spiritual, dalam mewujudkan hal itu, pendidikan agama merupakan langkah yang paling tepat untuk mencapainya. Maka dari itu, pihaknya mengadakan kegiatan Beduk Santlat di bulan Ramadan. "Pendidikan agama merupakan benteng yang paling ampuh untuk menangkal pengaruh nilai-nilai budaya yang tidak relevan dengan nilai-nilai agama. "Makanya, kami mengadakan kegiatan ini tidak lain ingin mencetak generasi penerus bangsa berkualitas dan memiliki tingkatan keimanan dan ketaqwaan yang tinggi, serta sadar akan pentingnya pendidikan agama,” ujarnya, kepada Radar Karawang, Kamis (30/5) kemarin.

Ketua pelaksana kegiatan Ilham Abdullah menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan pada 28 Mei-2 Juni 2018, dengan tema BEDUK SANLAT.  Kegiatan itu diikutii oleh seluruh siswa Kelas X dan XI. Konsep kegiatan itu buat dengan menarik mulai dari bimbingingan baca dan tulis Alquran beserta tajwidnya, bimbinbingan ibadah, bimbingan akhlak dan kajian kitab kuning yang langsung dipimpin oleh ustad dari luar sekolah. “Untuk pemataeri kajian kitab kuning itu langsung dipimpin oleh ustad di luar sekolah, dan diikuti oleh seluruh siswa,” ungkapnya.

Ia manambahkan, dalam materi kajian kitab kuning, lanjutnya diifokuskan tentang pembahasan puasa. Yaitu mengenai syarat sah puasa, rukun puasa, sunnah puasa dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa. "Mengingat kegiatan bertepatan dengan bulan Ramadan, maka pembahasan tentang ibadah puasa," tuturnya.

Ilham berharap, dengan adanya kegitan tersebut, para siswa yang ada disekolahnya dapat mencerna ilmu dengan maksimal. Dengan demikian, sehingga bisa menjalankan ibadahnya sesuai dengan ajaran agama Islam. "Saya harap, ilmu yang didapatkan dalam kegiatan ini, bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-harinya oleh para siswa," harapnya.(acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template