Balonggandu Punya Ambulans Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Balonggandu Punya Ambulans Desa

Balonggandu Punya Ambulans Desa

Written By Admin Raka on Kamis, 07 Juni 2018 | 14.15.00

JATISARI, RAKA - Menjadi desa yang ditempati para pendatang membuat Desa Balonggandu harus bisa mengakomodir keinginan warganya. Salah satunya adalah dengan menyediakan mobil ambulans untuk kebutuhan warga. "Balonggandu merupakan desa yang banyak pendatangnya. Terutama di perumahan. Jadi banyak kebutuhan warga yang harus difasilitasi desa," ujar Kepala Desa Balonggandu Suhana, kepada Radar Karawang, Rabu (6/6). Menurutnya, yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan desa adalah menyediakan mobil ambulans. Karena dengan adanya mobil ambulans desa, maka saat ada warganya yang meninggal maka mudah untuk diantarkan ke tempat pemakaman. "Balonggandu luas, tempat pemakamannya jadi jauh, makanya harus ada ambulans," ujarnya.
Belum lagi, tambah Suhana, warga perum yang aslinya dari luar Balonggandu, bahkan luar Karawang dan Jawa Barat. Saat ada warga perum yang meinggal terkadang jenazahnya ingin dimakamkan di kampung halamannya, maka keberadaan ambulans desa tentu sangat membantu. "Kalau harus sewa ambulans lainkan mahal, kalau warga desa yang pinjamnya pasti ada keringanan," bebernya.
Sementara untuk sopirnya sendiri, sudah disiapkan oleh pemerintah desa. Kenapa harus disiapkan, karena jika dibebaskan akan sulit nanti siapa yang bertanggungjawab dengan mobil tersebut. "Harus ada yang dipercaya dan diberi tanggungjawab, ya sopirlah yang kami andalkan," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, selain mengatur keluar masuk ambulans desa, sopir juga berkewajiban untuk mengontrol kondisi kesehatan kendaraan, mulai dari kondisi mesin, ban, oli dan lain sebagainya.
"Di Jatisari hanya ada dua desa yang punya mobil ambulan desa. Balonggandu dan Cikalongsari," ujarnya.
Sedangkan untuk mobil desa yang saat ini sudah ada, itu diprioritaskan untuk kepentingan-kepentingan desa. Meski demikian, saat ada warga yang membutuhkan tetap bisa digunakan. "Jadi ada cadangan, kalo nggak ada ambulans, ada mobil desa," bebernya.

Untuk mobil ambulans sendiri dibeli dari dana desa tahap II tahun 2017 lalu. Besaran anggarannya sendiri diatas Rp90 juta. Didalamnya sudah dimodifikasi sedemikian rupa sesuai kebutuhan mobil ambulans pada umumnya. "Sudah ada tandu brankar, tabung oksegen dan tempat infusan di dalamnya," ujarnya. 

Kepala Dusun Perum Bumi Cikampek Baru Joko Samudra menyampaikan, adanya mobil ambulans desa tentu sangat membantu warga terutama warga Perum Cikampek Baru. "Jadi kalau ada kebutuhan mobil ambulans kami tidak bingung harus cari kemana. Sekarang desakan sudah punya," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template