Aktifitas Truk Akan Bahayakan Pemudik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Aktifitas Truk Akan Bahayakan Pemudik

Aktifitas Truk Akan Bahayakan Pemudik

Written By Admin Raka on Jumat, 08 Juni 2018 | 14.45.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Para pemilik truk diingatkan agar tidak mengoperasikan kendaraannya menjelang lebaran tahun ini. Disamping untuk menciptakan suasana nyaman selama lebaran warga Telukjambe Barat juga tidak menginginkan adanya kecelakaan yang diakibatkan kendaraan besar itu, seperti terjadi setiap kali lebaran.

"Lebaran tinggal sepekan lagi tapi masih saja banyak truk besar yang melintas di jalan utama Badami-Loji. Khawatir saja sih, biasanya ada saja kecelakaan yang terjadi menjelang lebaran seperti sekarang," ungkap Jaenal (33) warga Kampung Jati, Badami, Desa Margakaya kepada Radar Karawang, Kamis (7/6).

Peluang terjadinya kecelakaan itu menjadi besar karena justru menjelang lebaran ini truk yang beraktifitas bukannya tambah sedikit malah semakin banyak jumlahnya. Sudah jenisnya pun besar-besar sehingga bukan saja menyebabkan kemacetan lalulintas tetapi juga rawan membuat celaka kendaraan yang melintas dibelakangnya atau yang berusaha mendahului.

"Yang celaka biasanya pengendara motor dan rata-rata meninggal dunia setelah berusaha mendahului truk-truk besar itu," tandas Jenal. Jenal sendiri tidak mengetahui secara pasti sudah berada banyak yang jadi korban sebelum dan sesudah lebaran. Termasuk dirinya yang disyukurinya nyaris menjadi korban juga disaat momentum lebaran tahun lalu.

Dirinya mengungkapkan, kecelakaan dipicu oleh ulah sopir dump truk yang ugal-ugalan dan melakukan konvoi. Pada saat itu truk menyalip dari arah Kampung Calung menuju ke Loji, dump truk konvoi sekitar 3 mobil. Entah kenapa satu mobil di belakang tertinggal, sehingga menyalip dan saat ambil ke kanan, Jenal yang saat itu membawa jerigen, menghindari dump truk dan turun ke bahu jalan.

"Saya lebih baik menghindari truk yang nyalip kanan, cuma kagok akhirnya saya geser ke kiri lagi tapi sayangnya saya terseok ke kiri dan kena drum pengelolaan limbah yang diletakkan dipinggir jalan hingga akhirnya saya terjatuh. Makanya saya berharap kalau sudah dekat lebaran truk-truk diistirahatkan sehingga jalan raya aman dari kendaraan-kendaraan besar itu," ucapnya.

Sementara Darip (39) tukang Ojeg di pertigaan Kampung Jati, Desa Karangligar pun berharap Dinas Perhubungan bisa melakukan peninjauan agar aktifitas truk-truk besar serius disikapi, terlebih menjelang lebaran saat ini. Persoalannya tidak sedikit juga pemudik menggunakan jalur selatan sebagai lintasan mudik mereka. Apalagi perkiraan saat ini dengan banyaknya perbaikan jalan di Jakarta, sehingga besar kemungkinan akan banyak yang menggunakan jalur selatan sebagai jalur utama mereka.

"Kalau truk-truk besar masih beroperasi, kasian nanti yang mau mudik lebaran, ini akan menjadi persoalan serius bagi mereka yang dapat memicu terjadinya kecelakaan," tandas Darip. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template