70 Persen Pengawas TPS Wajah Baru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 70 Persen Pengawas TPS Wajah Baru

70 Persen Pengawas TPS Wajah Baru

Written By Admin Raka on Senin, 04 Juni 2018 | 14.00.00

CIKAMPEK, RAKA - Sebanyak 133 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) dilantik di aula kantor pemerintahan Desa Cikampek Kota. Dari seluruh panwas TPS yang dilantik sekitar 70 persennya merupakan wajah baru.

"Dari 133 orang yang lolos menjadi pengawas TPS 70 persennya merupakan wajah baru," kata Sri Wahono, Divisi SDM Panwascam Cikampek, sebelum pelantikan, kepada Radar Karawang, Minggu (3/6).

Dia memastikan, yang lolos dan ditetapkan sebagai panwas TPS adalah orang yang memiliki integritas dan komitmen tinggi dalam menjalankan tugas. Pasalnya proses penjaringannya dilakukan cukup ketat, bahkan yang mendaftar jauh melebihi kuota yang dibutuhkan. "Kuotanya hanya 133 sesuai TPS, tapi yang daftar sebanyak 257 orang. Artinya yang lolos adalah yang terbaik," katanya
.
Proses perekrutan pengawas TPS sendiri dilakukan pada tanggal 21 hingga 29 Mei. Mulai dari tes administratif sampai dengan tes lisan atau wawancara. Adapun yang menjadi persyaratan bagi mereka yang ingin menjadi panwas TPS pada tahapan seleksi diantaranya, setia pada pancasila dan UUD 45, tidak menjadi tim kampanye dan tidak terlibat politik praktis seperti menjadi pengurus salah satu partai politik, bukan pengguna narkoba, tidak sedang menjalani proses hukum, sehat jasmani dan rohani serta ijazah minimal SMA. "Mereka bertugas hanya untuk Pilgub saja. Kalau untuk Pilpres atau Pileg nanti akan ada proses perekrutan lagi, atau mungkin juga dilanjutkan bagi mereka yang menjalankan tugas dengan baik," ujarnya.

Ketua Panwas Cikampek Ismuhadi meminta para pengawas TPS yang baru dilantik untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada. "Harus bisa mengemban amanah, mereka bertugas 23 sebelum hari pemungutan suara dan 7 hari setelah pemungutan suara," bebernya.

Karenanya setelah selesai menjalankan tugas, maka secara otomatis semua pengawas TPS tidak lagi menjadi pengawas. Jangan sampai setelah 7 hari pemungutan suara, pengawas TPS masih bertanya-tanya soal tugas dan tanggungjawabnya. "Nanti tidak ada pembubaran, karena H plus 7 otomatis bubar," ujarnya.

Disinggung mengenai pengawas TPS yang tidak hadir dalam pelantikan, dia menyampaikan memang ada beberapa yang tidak hadir, diantaranya karena ada yang bentrok dengan pekerjaan di pabrik, ada yang sakit dan ada yang berhalangan akibat keluarga. "Nanti mereka akan dilantik di kantor Panwascam (Cikampek)," pungkasnya.

Sutrisno HS, pengawas TPS Cikampek Barat mengatakan, proses perekrutannya memang cukup ketat, karena semua persyaratan harus tidak ada yang terlewat. Oleh karenanya dia tidak akan menyianyiakan kesempatan yang sudah diraihnya. "Saya akan menjalankan tugas dengan baik," kata Sutrisno yang baru tahun ini menjadi pengawas TPS. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template