60 Persen Warga Karawang Pendatang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 60 Persen Warga Karawang Pendatang

60 Persen Warga Karawang Pendatang

Written By Admin Raka on Jumat, 22 Juni 2018 | 17.45.00

KARAWANG, RAKA- Karawang menjadi salah tujuan pendatang untuk mencari nafkah bagi pendatang dari berbagai daerah. Bahkan, saat ini 60 persen penduduk Karawang merupakan pendatang.

Banyaknya pendatang ke Karawang, bukanlah sesuatu yang aneh. Pasalnya, di Karawang banyak industri ditambah upah kerja di Karawang tinggi. Hal ini menjadi salah satu pemicu tingginya pendatang ke Karawang. "Perbandingannya sudah mencapai 60 banding 40 persen. Warga Karawang didominasi oleh pendatang. Dibanding penduduk asli, jumlah pendatang lebih banyak," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang Yudi Yudiawan, Kamis (21/6).

Jumlah penduduk Karawang saat ini, lanjutnya, sudah mencapai 2,9 juta jiwa. Data jumlah pendatang di Karawang tercatat 1,7 juta jiwa, lebih besar dari jumlah warga asli Karawang yang mencapai sekitar 1,1 juta jiwa. "Data jumlah pendatang diperoleh dari laporan surat keterangan pindah. Kita kan selalu mendapat laporan jika ada pendatang. Setiap Camat selalu menyerahkan data jumlah pendatang, dikumpulkan dari KTP lama mereka. Sedangkan jumlah penduduk diperoleh dari sensus," ucapnya.

Lonjakan pendatang ini, tambah Yudi, sudah mulai sejak tiga tahun lalu. Pada tahun 2016 tercatat sekitar 30 ribu pendatang tinggal di Karawang. Tahun 2017 bertambah sekitar seribu orang menjadi 31 ribu orang. Kemudian pada 2018, sekitar 11.600 orang datang ke Karawang dalam kurun waktu lima bulan. "Sejak Januari hingga awal Juni 2018, terhitung ada 11.600 orang yang datang ke Karawang. Mayoritas calon pencari kerja," ujarnya.

Para pendatang ini, tinggal di kontrakan di daerah dekat kawasan industri. "Kebanyakan dari Jawa Tengah, berbagai daerah di Jawa Barat, DKI, sebagian Sumatera dan Kalimantan," ucapnya.
Melihat lonjakan pendatang ini, tambah Yudi, pihaknya tidak bisa melarang pendatang ke Karawang dan tidak bisa memulangkannya ke daerah asalnya, karena hal tersebut bukan kewenangannya. "Siapa pun pendatang, kalau bawa surat pindah resmi, tidak bisa dilarang. Itu ada peraturannya," pungkasnya. (asy)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template