35 Kecelakaan, Satu Meninggal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 35 Kecelakaan, Satu Meninggal

35 Kecelakaan, Satu Meninggal

Written By Admin Raka on Rabu, 20 Juni 2018 | 12.00.00

45 Ribu Motor Lintasi Karawang Hingga H+3

KARAWANG, RAKA - Kendaraan roda dua ternyata masih menjadi primadona pemudik untuk pulang kampung. Berdasarkan data yang diperoleh dari kepolisian, jumlah pemudik pengguna motor yang melintasi Kabupaten Karawang meningkat drastis dibanding tahun lalu.

Pada tahun 2017, dari mulai H-7 hingga H-1 jumlah pemudik pengguna motor hanya 644.993, sedangkan tahun ini mencapai 774.483 atau naik 120 persen. Begitu pun pengendara mobil, meski mengalami kenaikan namun jumlahnya tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan pengendara motor, yaitu 97.435 unit pada tahun lalu, sementara tahun ini 208.623 unit.

Kenaikan jumlah pemudik tersebut mengakibatkan kemacetan tidak bisa dihindari, terutama H-3 lebaran. Begitu pula arus balik pada H+1 hingga H+3. Berdasarkan catatan kepolisian, mencapai 45.330 pengendara motor. Beda jauh jika dibandingkan dengan tahun lalu, hanya 16.950 pengendara. Kepadatan arus lalu lintas tersebut, menurut Kasatlantas Polres Karawang AKP Arman Sahti meminimalisir jumlah kecelakaan lalu lintas. "Semakin rapat dan lambat arus lalu lintas, maka fatalitas laka semakin rendah," ujarnya kepada Radar Karawang, Selasa (19/6) kemarin.
Dari tanggal 7 hingga 18 Juni, tercatat hanya tiga kejadian kecelakaan. Satu orang meninggal, tiga luka berat, dan satu luka ringan. Kerugian materil Rp 3,1 juta. "Kalau macet tentunya fatalitas lakanya tidak parah," tutur Arman.

Seorang pemudik asal Subang, soleh (40) mengatakan, istrinya jatuh dari motor setelah diserempet mobil di Jalan Ahmad Yani. Beruntung tidak ada luka cukup fatal. "Istri saya keserempet mobil dia kagok jadi jatuh," ucapnya saat ditemui di Posko PMI.

Pengakuan istri Soleh, Hasanah (38), dirinya yang tengah mengendarai motor besama anaknya Rosita menuju Bekasi, harus rela dan berhenti usai peristiwa sial yang menimpanya di Jalan Ahmad Yani. "Saya kaget mobil di depan ngerem mendadak, akibat tersenggol jadi jatuh," ujarnya seraya menyebutkan jika satu keluarga itu membawa dua motor.

Ketua PMI Kabupaten Karawang Eli Amalia Priatna yang diwakili Kepala Markas PMI Karawang Sumardi menyampaikan, jumlah kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Karawang relatif menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya. "Sejauh ini pengamatan kami, jumlah kecelakaan lalu lintas menurun jika dibandingkan tahun kemarin," ujarnya di depan kantor PMI Kabupaten Karawang.

Penurunan jumlah kecelakaan tersebut dikatakan Sumardi, karena pemudik memilih pulang kampung melalui jalan tol, sehingga dari jumlah data yang masuk ke PMI karawang hanya ada 35 peristiwa kecelakaan. Mulai dari luka ringan, sedang, berat meskipun ada yang meninggal dunia satu orang. "Untuk laka di kita ada yang ringan seperti lecet, sedang robek kulit, berat patah tulang, dan satu yang meninggal dunia," ujarnya.

Ia melanjutkan, PMI membuka posko di berbagai titik. Mulai dari jalan baru, Karawang kota, Klari, Cilamaya Wetan, dan Cilamaya Kulon. "Kami berharap kehadiran kami dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk pemudik," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template