29 Desa Lambat Urus ADD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 29 Desa Lambat Urus ADD

29 Desa Lambat Urus ADD

Written By Admin Raka on Selasa, 05 Juni 2018 | 12.00.00

Siltap Bisa Cair Setelah Lebaran

TELAGASARI, RAKA - Penghasilan tetap (siltap) dari alokasi dana desa (ADD) sudah cukup lama dinantikan para pegawai desa. Kini kabar pencairan yang ditunggu-tunggu mulai berhembus. 
Kasie Tata Kelola Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang Andry Irawan mengatakan, pengajuan ADD 268 desa sedang diproses. Bahkan sebagiannya sudah mencairkan ADD. "Semoga saja siltap selama 6 bulan terakhir ini dapat segera disalurkan kepada aparat desa yang  berhak," ungkapnya kepada Radar Karawang, Senin (4/6) kemarin.

Pengajuan yang telah memenuhi syarat, kata Andry, akan langsung diproses secepatnya. Tapi dia meminta para kepala desa sabar, karena penyelesaian pemeriksaan ajuan membutuhkan waktu. "Insya Allah DPMD berusaha maksimal hingga memanfaatkan waktu libur sekalipun, bahkan teman-teman di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) juga demikian, kerja lembur minggu-minggu ini," ungkapnya.

Kepala DPMD Kabupaten Karawang Ade Sudiana mengatakan, sejauh ini yang sudah mengusulkan ADD baru 268 desa. Wajar jika pihaknya sempat memberi peringatan bagi yang ajuan lewat tanggal 25 Mei, siltap terancam cair setelah lebaran. "Karena keterlambatannya saja dari desa, ya kita sudah ngasih warning ke kades usulan paling lambat 25 Mei 2018 lalu," katanya.

Kades Muktijaya Kecamatan Cilamaya Kulon Sawa Isyirat mengatakan, hasil dari koordinasinya dengan DPMD, masih ada 29 desa lagi yang masih belum memenuhi syarat pengajuannya dan masih dalam proses. Sebelumnya, beredar kabar sebut Sawa, bahwa desa yang pengajuannya lewat dari tanggal 25 Mei, siltap tidak bisa cair sebelum lebaran. "Tapi kata DPMD, selama proses dan syaratnya terpenuhi, lewat ajuan tanggal 25 Mei juga tetap diproses," ungkapnya.

Dirinya mengaku sempat khawatir siltap cair setelah lebaran. Karena para perangkat desa sudah berulang kali menagih. "Saya bersyukur bahwa dua hari terakhir, siltap yang dinanti itu sudah cair dan sudah didistribusikan ke semua perangkat desa. Termasuk juga luncuran Dana Bagi Hasil (DBH) tahun 2017 dan dana desa tahap 1," ujarnya.

Ia melanjutkan, ada diantara desa-desa di Cilamaya kulon, justru masih ada kesalahan dan harus bolak-balik mengurus siltap. Seperti Desa Tegalurung, Pasirukem, Sumurgede dan Sukamulya. "Desa kami sudah cair, yang lain masih proses. Katanya masih 29 desa lagi yang masih belum memenuhi syarat," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template