Warga Minta Pemda Tutup Pabrik TVS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Minta Pemda Tutup Pabrik TVS

Warga Minta Pemda Tutup Pabrik TVS

Written By Admin Raka on Selasa, 08 Mei 2018 | 14.30.00

Diduga Belum Perpanjang Izin

CIAMPEL, RAKA - Pemerintah daerah nampaknya harus bertindak tegas kepada perusahaan yang tidak memiliki atau belum memperpanjang izin. Hal itu disampaikan Pengurus Karangtaruna Desa Kutanegara Banir yang menyoroti ada perusahaan yang masuk Desa Kutanegara yang diduga belum memperpanjang izin.

"Salah satunya PT TVS, belum memperpanjang izin, bahkan izin domisili dari desa saja tidak punya," kata Banir, kepada Radar Karawang.

Dia menyampaikan, izin domisili merupakan dasar izin untuk mengurus izin lainnya, seperti UKL/UPL, dan izin lainnya. Kasus tersebut, tambah Banir, merupakan salah satu contoh bahwa ada perusahaan nakal di Karawang. "Ini jadi contoh kasus yabg terungkap di Karawang. Bahkan dia meyakini banyak kasus serupa di Karawang," ujarnya.

Atas hal tersebut, dia mendesak kepada pemerintah daerah Karawang untuk melakukan tindakan tegas teruhadap perusahaan-perusahaan nakal. Bahkan karena tidak memiliki izin, maka perusahaan seharusnya dihentikan operasinya. "Bupati Karawang harus turun tangan untuk menutup perusahaan yang tidak mengantongi izin atau tidak memperpanjang izin," tegasnya.

Jangan sampai, tambah Banir, ada prasangka buruk dari masyarakat kepada pemda akibat tidak adanya tindakan tegas terhadap perusahaan nakal tersebut. Pemda memiliki hak untuk memaksa perusahaan agar menjalankan kewajibannya terutama soal perizinan. "Kalau dibiarkan maka tandatanya besar. Apakah pemda tidak tahu atau pura-pura tidak tahu," sindirnya.

Sementara Camat Ciampel Agus Sugiono juga meminta agar perusahaan yang tidak memperpanjang izin untuk segera memperpanjang izinnya. Termasuk izin domisili yang menjadi dasar untuk mengurus izin lainnya. "Kalau izin domisili itu urusan desa, camat mengetahui. Jika ada perusahaan yang beum punya izin segera diurus agar tidak jadi masalah," ujarnya.

Sementara pihak perusahaan belum memberikan keterangan, bahkan saat Radar Karawang mendatangi perusahaan untuk mengkonfirmasi soal perizinan yang diduga tidak diperpanjang, Ubaidillah selaku pimpinan keamanan PT TVS yang ada di Kawasan Surya Cipta, Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel, tidak memberikan tanggapan. "Nggak ada yang bisa ditemui, sedang keluar semua. Nanti saya sampaikan kepimpinan," ujar Ubaidillah. (yna/zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template