Waduk Cirata Tempat Favorit Munggahan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waduk Cirata Tempat Favorit Munggahan

Waduk Cirata Tempat Favorit Munggahan

Written By Admin Raka on Senin, 07 Mei 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Jelang mendekati bulan suci Ramadan, waduk Cirata mulai didatangi para pengunjung. Meski lokasi itu tidak diperuntukan untuk obyek wisata, namun bendungan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) ini banyak dimanfaatkan masyarakat berkumpul bersama sanak keluarga untuk sekedar makan bersama jelang puasa atau munggahan.

Seperti dikatakan fery Ramadan (30), pengunjung asal Cikampek, Kabupaten Karawang yang mengaku sengaja membawa serta anggota keluarganya untuk berwisata. Kegiatan makan-makan ini, kata ia, dalam rangka menyambut bulan Ramadan serta sudah menjadi tradisi bagi dia dan keluarga untuk berkumpul jelang puasa. "Mumpung libur, saya dan keluarga sengaja datang ke sini untuk makan-makan," ujarnya, kepada Radar Karawang ditemui di sekitar Buangan Cirata, Minggu (6/5).

Menurutnya, salah satu daya tarik waduk Cirata, panorama alam dan lokasinya mudah dijangkau. Selain itu, kata ia, ada tempat makan pinggir air yang dapat dinikmati saat menyantap hidangan yang sudah menjadi ciri lokasi tersebut. "Hampir jelang puasa, kita bareng keluarga makan di sini sambil melepas lelah bekerja," katanya.

Tak hanya pengunjung luar kabupaten, masyarakat sekitar waduk cirata pun turut berdatangan untuk berwisata di bendungan perbatasan Purwakarta, Cianjur dan Bandung Barat tersebut. Namun hampir kebanyakan warga pribumi lebih memilih memanpaatkan tempat di pinggir jalan dengan memabawa makanan di rumahnya masing-masing.

Sementara dengan ramainya pengunjung yang datang, ternyata membawa keberkahan bagi sejumlah pemilik tempat di wisata buangan Cirata. Dalam satu hari, tak kurang dari 10 rombongan mampir ke setiap pemilik kios.  Oneng (50), Salah satu pedagang di tempat wisata Buangan mengatakan, sepekan terakhir omset penjulannya mengalami peningkatan. Pasalnya, penjual ikan bakar ini bisa menghabiskan hampir 40 hingga 80  kilogram ikan nila dan ikan emas. "Alhamdulilah banyak pengunjung yang mampir ke warung saya. Biasanya ramai kaya ginih sampai H-2 puasa," katanya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template