UPK Nasibnya tak Jelas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » UPK Nasibnya tak Jelas

UPK Nasibnya tak Jelas

Written By Admin Raka on Kamis, 17 Mei 2018 | 15.30.00

Merasa Dianaktirikan

KARAWANG TIMUR, RAKA - Menindaklanjuti keberlangsungan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), sejumlah pengurus Forum Asosiasi UPK mendatangi kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) baru-baru ini. Selain curhat keberlangsungan program dan status, para pengelola UPK tersebut juga siap digarap inventarisir aset dan kepengurusan UPK di semua kecamatan di Karawang.

Pengurus Asosiasi UPK Karawang Nurhadi Saputra mengatakan, asosiasi mengadakan audiens dengan pihak DPMD yang agendanya lebih pada curhat para pengelola UPK, yang menginginkan perhatian dari pemerintah. Seperti pembinaan maupun monitoring pasca program. Sebab, sejak lepas dari PNPM, keberadaan UPK seperti dianak tirikan oleh pemerintah. Padahal, sebut Nurhadi, program pemerintah yang masih bertahan sampai dengan saat ini hanya di UPK yang berlanjut, dan terbukti bisa memberdayakan masyarakat berkelanjutan. "Lebih pada curhat saja, UPK sudah kontinyu menjalankan program berkelanjutan, tapi kesannya dianaktirikan," katanya kepada Radar Karawang.

Hasil dari pertemuan itu, sebut Nurhadi, DPMD berencana akan memeriksa keadaan kantor UPK, apakah benar-benar masih berjalan atau tidak. Berikut juga akan mengaudit laporan keuangan UPK untuk menginventarisir permasalahan masing-masing UPK. Sehingga keadaan itu harus ada kepastian apakah masih ada, atau sudah tutup kantornya. Bahkan, memeriksa laporan keuangan UPK mulai dari modal awal, dana yang sudah digulirkan dan tunggakannya. Jauh dari itu sebutnya,  khususnya pengurus UPK yang memang sudah tidak mampu mengelola UPK, lebih baik diberikan kepada yang lain, karena asosiasi tak menampik beberapa pengelola UPK nyambi mengerjakan program pemerintah lainnya. "Semua akan diinventarisir, kita welcome dan berharap ada tindaklanjutnya nanti," katanya.

Kabid PUEP DPMD Kabupaten Karawang Agus Somantri mengatakan, hasil pertemuan dengan para pengelola UPK sedang dibuat laporannya ke pimpinan. Ia benarkan, akan ada inventarisir keberadaan UPK dari hasil rapat bersama. Tapi pihaknya masih menunggu arahan lebih lanjut dari pimpinan. "Kita menunggu arahan lebih lanjut dari pimpinan," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template