UPACARA HARI KEBANGKITAN NASIONAL - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » UPACARA HARI KEBANGKITAN NASIONAL

UPACARA HARI KEBANGKITAN NASIONAL

Written By Admin Raka on Selasa, 22 Mei 2018 | 12.15.00

Dewan Mangkir, PNS Duduk-duduk, Pelajar Pingsan

KARAWANG, RAKA - Hari Kebangkitan Nasional seharusnya menjadi momen menumbuhkan jiwa nasionalisme, semangat kebangsaan, dan optimisme menghadapi tantangan yang kian njelimet.
Namun, apa jadinya jika saat upacaranya saja tidak ada semangat sama sekali. Hal itu terlihat saat upacara Harkitnas di Lapang Karangpawitan, Senin (21/5) kemarin. Banyak peserta upacara PNS, tampak terlihat asyik bernaung sambil duduk santai di bawah pohon saat tengah berlangsung upacara. Begitu juga dengan para anggota dewan, yang terlihat hanya Ketua DPRD Toto Suripto. Alhasil, kursi istimewa untuk para anggota dewan di pendopo Lapang Karangpawitan terlihat kosong. Kursi-kursi itu akhirnya diisi oleh jajaran para staf Pemkab Karawang. Tidak terkecuali Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari, tidak terlihat sama sekali.

Hal berbeda justru ditunjukan para pelajar. Walaupun matahari pagi itu cukup terik, mereka terlihat bersemangat dan tetap mengikuti upacara hingga selesai dengan khidmat. Saking semangatnya, beberapa pelajar jatuh pingsan. Pemandangan kontras itupun mendapat cibiran dari para siswa. Seorang pelajar SMKN 3 Karawang RM mengatakan, seharusnya perilaku tidak pantas para PNS tersebut tidak diperlihatkan di depan para siswa. "Seharusnya PNS itu jadi contoh dan panutan buat kita. Harusnya upacara ya bareng berdiri, bukan duduk keenakan itu mah," katanya kepada Radar Karawang usai mengikuti upacara Harkitnas.

Senada juga disampaikan siswa lainnya, FS. Seharunya para PNS tersebut mengikuti upacara, terlebih saat bendera Merah Putih dikibarkan. Jangan hanya mengandalkan anak-anak sekolah. "Jangan hanya menyuruh kami upacara berdiri, tetapi juga harus memberikan contoh yang baik.
 PNS yang malas-malasan seharusnya diberi tindakan tegas," paparnya.

Sementara pengakuan PNS yang bertugas di Cikampek, DR mengaku kelelahan karena harus menunggu lama pelaksanaan upacara Harkitnas. "Saya duduk-duduk karena pusing," ucapnya.
Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Teddy Rusfendi Sutisna menyampaikan, pihaknya akan melakukan penindakan berupa peneguran terhadap para PNS yang menunjukan perilaku tidak patut untuk dicontoh. "Saya akan minta atasan langsungnya menegur, karena perbuatan itu tidak baik. Satu, dua sampai tiga kali kita tegur, kalau tidak puas akan lakukan hal yang lain," ucapnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template