TPU di Karawang akan Dipagar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » TPU di Karawang akan Dipagar

TPU di Karawang akan Dipagar

Written By Admin Raka on Selasa, 08 Mei 2018 | 17.15.00

Anggaran Pemakaman Tahun ini Rp 8 Miliar

KARAWANG, RAKA - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kabupaten menyiapkan dana sebesar Rp 8 miliar untuk pembangunan pemagaran Tempat Pemakaman Umum (TPU) diseluruh Karawang. Nantinya, tampak depan TPU di kabupaten ini akan seragam. Namun untuk tahun ini, PRKP memprioritas TPU yang berada dipinggir jalan.

Kasi Pemakaman Dinas PRKP Iip Saefulrohman menyampaikan itu kepada Radar Karawang, senin (7/5). Dia ditanya anggaran miliaran rupiah yang akan dialokasikan untuk membangun Tempat Pemakaman Umum. Kendati demikian Iip mengaku anggaran sebesar itu masih minim untuk membangun tampak muka seluruh TPU di Karawang. "Tahun ini anggaran pemakaman mencapai 8 miliar rupiah, tetapi jumlah itu masih minim jika untuk membangun semua TPU yang ada di Karawang," tegas Iip.

Iip tidak merinci jumlah total TPU yang akan dibangun, namun untuk program tahun ini diperkirakan mencapai kisaran 51 titik. Selain gerbang masuk alokasi anggaran juga diperuntukan guna pembangunan pagar pemakaman. "Sekarang ini kita masih dalam tahap pengembangan data. Mana saja pemakaman-pemakaman yang akan dibangun pagar dan mana yang cukup gerbang masuknya saja," ucapnya.

Namun, lanjut Iip, untuk taget pembangunan secara bertahap tersebut, prioritas PRKP masih sebatas pemakaman-pemakaman yang lokasinya disamping jalan umum. Soal jumlahnya, nanti akan diketahui setelah pendataan. Untuk itu, pihaknya sendiri sudah mendapat masukan dari kalangan dewan termasuk dinas. "Tahun ini paling banyak pokok pikiran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang mencapai 35 titik, sedangkan dinas sendiri hanya 16 titik," ujarnya.

Masih dilanjutkan Iip, untuk sementara data yang masuk akan dijadikan acuan hingga nanti akan didapatkan data keseluruhan sebelum dilakukan evaluasi. Dari evaluasi itu nantinya lagi akan dibuatkan konsep dan konsep itulah yang akan menjadi acuan pengelompokan makam-makam sesuai wilayah masing-masing. "Saat ini baru ada arahnya saja. TPU yang ada saat ini masih dalam pengelolaan masing-masing tempat," ujarnya.

Dijelaskan Iip, konsep kedepan yang dimiliki PRKP akan melakukan penataan. Misalnya peruman A TPU nya berada di titik 1, dan seketika perumahan baru (B) itu juga akan dipusatkan di titik 1 itu untuk TPUnya. "Kedepan pemakaman itu tidak boleh lagi dibeton atau di keramik cukup pakaikan prasasti dan rumput," ujarnya.

Disinggung tentang pajak pemakaman yang sampai saat ini belum diberlakukan Pemerintah Karawang, Iip tidak menyangkal jika hingga kini belum peraturan yang mengatur mengenai pajak pemakaman. "Sejauh ini belum ada penarikan retribusi untuk pemakaman, karena aturannya juga belum ada," ucapnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template