Toko Modern Ancam Klangsungan Pelaku UKM - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Toko Modern Ancam Klangsungan Pelaku UKM

Toko Modern Ancam Klangsungan Pelaku UKM

Written By Admin Raka on Selasa, 08 Mei 2018 | 15.00.00

CIAMPEL, RAKA - Perkembangan Karawang tidak sepenuhnya memberikan dampak positif bagi warga Karawang. Terlebih dengan makin menjamurnya toko swalayan disetiap sudut jalan membuat para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) kesulitan untuk mengembangkan usahanya.

Tengok saja Abah Halim (56), salah satu warga Desa Mulyasari, Kecamatan Ciampel ini mulai berkurang dari penghasilan sehari-harinya dengan berjualan buah-buahan di depan rumah gubuknya itu. Biasanya ia mendapatkan penghasilan sebesar Rp80.000 perhari, namun kini hanya mendapatkan sebesar Rp30.000. "Sekarang mah pembeli jarang sudah beli ke toko toko modern," ucapnya.
Dia mengaku bahwa usaha yang sudah ditekuninya sejak puluhan tahun itu menjadi salah satu mata pencaharianya untuk menopang hidupnya yang sendirian. Meski harus berjuang sendiri melawan hidup abah tidak pernah mengenal lelah dan putus asa. "Jalanin aja, rezeki mah sudah ada yang ngantur," ungkapnya.

Saat disindir soal keluarga, ia menjelaskan bahwa telah puluhan tahun ditinggal oleh kekasihnya tanpa dikarunia anak. Maka tak heran jika suasana rumah yang berada dekat dengan kebun itu nampak terlihat sunyi dan sepi. "Sendirian aja nggak punya anak nggak punya istri," akunya.
Bukan tidak ingin mencari pasangan atau teman hidupnya, tapi dengan usianya yang sudah tua membuat dirinya hanya memikirkan bekal untuk kehidupan sehari-hari dan bekal di akhirat nanti. Karena menurutnya kehidupan yang sesungguhnya adalah nanti di akhirat. "Udah tua, mau nikah sama siapa, cari bekal aja buat di kehidupan nanti," terangnya.

Usaha buah-buahan yang telah ditekuninya bagi dia juga sudah lebih dari cukup untuk menghidupinya. Dengan berjualan jeruk dan boled yang ditanam di kebunya itu merupakan salah satu harta karun bagi dirinya. "Nggak punya apa-apa cuman rumah reot sama kebun kecil aja," jelasnya.
Siapa sangka meski hidup sendiri Abah Halim dikenal sebagai sosok yang suka bersosialisasi dan membantu orang lain. Seperti yang diungkapkan Hasan salah satu tetangganya itu mengatakan, bahwa banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa diambil dari kehidupan Abah Halim. "Baik ko suka membantu juga, walaupun hidup sendiri tetap mau bekerja keras dan mau berusaha," ucap Hasan. (yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template