Tiga Kecamatan dapat Program PISEW - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tiga Kecamatan dapat Program PISEW

Tiga Kecamatan dapat Program PISEW

Written By Admin Raka on Selasa, 15 Mei 2018 | 17.00.00

RAWAMERTA, RAKA- Program pembangunan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) segera dilaksanakan di dua desa yang berada di Kecamatan Rawamerta, yakni Desa Kutaraja dan Desa Gombongsari. Program yang diluncurkan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) ini direalisasikan untuk membangun jalan lingkungan desa.

Informasi yang dihimpun Radar Karawang, di Kabupaten Karawang hanya ada 3 kecamatan yang mendapatkan realisasi pembangunan ini. Diantaranya dua desa di Kecamatan Rawamerta yakni Desa Kutaraja dan Desa Gombnngsari, dua desa di Kecamatan Pangkalan yakni Desa Kertasari dan Desa Medalsari, selanjutnya dua desa di Kecamatan Cilamaya Wetan yakni Desa Sukakerta dan Desa Sukatani.

Di katakana Camat Rawamerta, AJ Koswara, program PISEW yang dilaksanakan oleh tim BKAD direalisasikan untuk pembangunan jalan lingkungan. Sementara, untuk saat ini pihak kecamatan ditugaskan sesuai dengan SK PUPR pusat. Di Kecamatan Rawamerta ada dua desa yang terpilih, yaitu Desa Sukaraja dan Desa Gombongsari. "Sekarang ini pembntukan BKAD. Kepengurusan ini kolaborasi dari dua desa, dua orang yang mewakili dari desanya masing-masing. Kecamatan hanya memfsilitsai pembentukan panitia saja," ujar AJ Koswara kepada Radar Karawang, Senin (14/5) kemarin.

Selanjutnya, tambah AJ, sebenarya program ini penunjukan langsung dari PUPR pusat, pada intinya sebagai Camat Rawamerta, dirinya mengatakan sangat bertermaksaih dengan adanya program ini, di sela program Dana Desa (DD), program PISEW ini di nilai sebagai pelengkap program infrastruktur yang bisa mengakomodir kekurangan DD. "Adapun dana yang digelontorkan untuk dua desa di Kecamatan Rawamerta sekitar Rp590 juta," katanya.

Disampaikannya, pembentukan panitia BKAD dilakukan sebelum melakukan pemantauan ke titik desa yang akan dibangun, selanjutnya semua tim yang telah di bentuk tinggal berkerja. Sedangkan titik fokus realisasi pembangunan yang berasal dari program PISEW ini untuk membangun jalan yang memang sudah didampingi tim pendamping dan tim kosultan dari BKAD. "Secara pertanggungjawabannya pun langsung ke pemerintah pusat, di kecamatan ini hanya dipakai untuk pertemuan dan menunjuk 4 orang sebagai BKAD, mulai dari ketua, sekretaris, bendaara dan palaksana kegiatan," ujarnya.

Sementara Kepala Desa Kutaraja, H Engki menyampaikan, program PISEW tersebut memang sudah ia ajukan sejak camat terdahlu, bahkan sebelum dua kali diganti. Namun baru terlaksana saat ini. Dirinya mengaku dengan dana yang digelontorkan oleh PUPR pusat tersebut bisa menambah dan melengkapi kekurangan pembangunan yang belum sempat direalisasikan melalui DD. "Kita sudah ajukan ini sejak Camat Dedi Setiadi, tapi baru direalisasi sekarang. Selanjutnya akan dibangunkan di jalan lingkungan Dusun Gadel Desa Sukaraja," ungkapnya.

Namun tim konsultan BKAD salah satunya Setiaji, ketika ditanya tujuan program tersebut, mereka mengaku tidak mengerti dan kurang memahami program tersebut secara detail. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template