Target Gernas Baku Tingkatkan Minat Baca - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Target Gernas Baku Tingkatkan Minat Baca

Target Gernas Baku Tingkatkan Minat Baca

Written By Admin Raka on Sabtu, 05 Mei 2018 | 11.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta tengah gencar mensosialisasikan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku). Misi utama yang diusung ialah untuk menanamkan kesadaran membaca terhadap anak sedini mungkin.
Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta,  Purwanto, menjelaskan bahwa Gernas Baku pada prinsipnya adalah ikhtiar bersama seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan minat baca anak sejak dini. "Gerakan ini  untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga Indonesia dalam meningkatkan minat baca anak, melalui pembiasaan di rumah, di lembaga PAUD, dan masyarakat," timpalnya.
Gerakan ini, lanjutnya, memiliki makna penting bagi tumbuh kembang anak pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.  "Membaca adalah senjata ampuh yang mampu menghantam kebodohan, kemiskinan dan ketersia-siaan yang bisa menghancurkan bangsa," paparnya.
Untuk mengefektifkan sosialisasi Gernas Baku, Disdik Purwakarta melalui bidang PAUD-Dikmas berinisiatif menggelar lomba membuat video bertema untuk setiap satuan pendidikan PAUD.
Kepala Bidang PAUD-Dikmas Dinas Pendidikan Kodar Solihat mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas kerja sama antara Dinas Pendidikan,  PD Himpaudi dan PD  IGTKI-PGRI. "Tahapannya, video yang dibuat satuan pendidikan dinilai oleh Tim Kecamatan dan tiga video terbaik dikirim ke Bidang PAUD-Dikmas Disdik Purwakarta," jelasnya.
Adapun video terbaik, lanjut ia, yang diterima bidang PAUD-Dikmas dibagi menjadi tiga kategori. "Untuk kategori anak diantaranya yamg pertama, video TK Trisula, kedua, video TK Purnam ketiga, video TK Umaya, sementara untuk kategori guru yaitu yang pertama, Himpaudi Kecamatan Bungursari, kedua, Himpaudi Kecamatan Purwakarta, ketiga,  Himpaudi Kecamatan Wanayasa," pungkasnya.(ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template