Tambang Pasir Tradisional, Sehari Kumpulkan Dua Kubik Pasir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Tambang Pasir Tradisional, Sehari Kumpulkan Dua Kubik Pasir

Tambang Pasir Tradisional, Sehari Kumpulkan Dua Kubik Pasir

Written By Admin Raka on Rabu, 02 Mei 2018 | 11.00.00


PURWAKARTA,RAKA- Sejak lima tahun lalu, Yusuf Solihin, pria berusia 48 tahun, warga Kampung Sasak Beusi, Kelurahan Sindangkasih Purwakarta, sudah  menekuni pekerjaannya sebagai penambang pasir tradisional di aliran Sungai Cikao. Aliran sungai Cikao yang membelah jantung kota Purwakarta tersebut, ternyata membuahkan keuntungan tersendiri bagi pria beranak tiga itu. Tak heran, selama ini banyak warga lain, selain Yusuf yang menggantungkan hidup di lokasi tersebut.

Tak ada alat khusus yang digunakan dalam mencari pasir yang terdapat di dasar sungai. Hanya sebuah gaet yang terbuat dari besi pipih dan bergagang panjang yang menjadi perlengkapannya mengais rezeki. Yusuf menjelaskan, pasir yang diambilnya ini merupakan sisa-sisa pasir terbawa arus dari hulu sungai. Pasir-pasir yang mengendap di dasar sungai itu kemudian mereka ambil dan kumpulkan untuk selanjutnya dijual. "Dari pada mengendap dan malah terjadi pendangkalan sungai, kan lebih baik diangkat saja. Sedikit-sedikit juga kan lumayan. Yang penting tidak merusak lingkungan," ujar Yusuf, ditemui belum lama ini.

Dia mengaku, hampir setiap hari dia bersama tujuh rekan lainnya melakukan penambangan pasir di dasar sungai ini. Meskipun cukup beresiko, dia tetap menjalani profesinya itu. Terpenting dalam benaknya, dapur tetap ngebul. "Lumayan cukup beresiko. Karena, bisa saja kan air sungai tiba-tiba naik, karena ada hujan di wilayah hulu," katanya.

Yusuf menambahkan, biasanya dalam sehari dirinya bisa mengumpulkan pasir di aliran sungai ini hingga dua kubik. Pasir ini, merupakan pasir jenis cor. Dalam sekubik pasir yang didapat, ia menjualnya ke penampung dengan harga Rp 60 ribu. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template