Suket Manual Peserta Pemilu Diterbitkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Suket Manual Peserta Pemilu Diterbitkan

Suket Manual Peserta Pemilu Diterbitkan

Written By Admin Raka on Rabu, 23 Mei 2018 | 18.00.00

KARAWANG, RAKA - Saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sedang mempersiapkan Surat Keterangan (Suket) manual bagi peserta pemilih guberbur dan wakil gubernur Jawa Barat. Surat keterangan itu dikondisikan sebagai bukti kepesertaan pemilih.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatan Sipil Yudi Yudiana mengatakan itu ketika disinggung masih banyaknya warga Karawang yang belum mendapatkan KTP elektroniknya, sementara tahapan pemilu sudah semakin mendekati. "Kita akan selesaikan besok. Keseluruhannya ada 7.000 warga Karawang yang akan mendapatkan Suket Manual itu nanti agar bisa dijadikan bukti kepesertaan pemilih," tandas Yudi kepada Radar Karawang, Selasa (22/5).

Dikatakan Yudi, Surat Keterangan yang akan dibuatkan Disdukcatpil itu ada dua macam. Ada yang betul-betul surat keterangan itu pengganti kartu tanda penduduk (KTP) ada yang hanya dibuatkan suket yang sifatnya mendesak saja. "Pembedanya pasti ada antara suket manual dan suket pengganti KTP, salah satunya tidak adanya foto, dan juga Nomer Induk Kependudukan," ucapnya.

Kata Yudi, pemberian suket itu merupakan arahan dari Kementerian Dalam Negri yang mengizinkan Disdukcatpil disetiap wilayah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah itu dibuatkan suket manual dengan dasar suket terbut hanya berlaku saat pemilihan gubernur saja bukan kepada hal yang lainnya. "Kita sudah dapatkan dari kementerian jika hal itu diperbolehkan untuk membuatkan suket manual bagi daerah yang akan melaksnakan pemilihan," ucapnya.

Lanjut Yudi, sejauh ini pihaknya tidak menampik jika antusias masyarakat Karawang sendiri selama ini dalam permohonan dokumen kependudukan baik Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Kelahiran amat tinggi. Hal itu terlihat dari kunjungan warga ke kantor disdukcapil setiap hari bahkan hampir selalu ada antrean. "Sangat luar biasa warga Karawang dalam pembuatan dokumen itu. Cuma kita terus ingatkan bagi masyarakat Karawang yang belum melakukan perekamana KTP agar bisa segera melaksanakannya," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template