Saber Pungli Intai Kantor Pelayanan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Saber Pungli Intai Kantor Pelayanan

Saber Pungli Intai Kantor Pelayanan

Written By Admin Raka on Jumat, 04 Mei 2018 | 11.45.00

Camat Minta Pemdes tak Lakukan Pungli

KOTABARU, RAKA - Dalam rangka menciptakan pelayanan yang maksimal.  Camat Kotabaru Dedi Setiadi tidak henti-hentinya mengingatkan para perangkat desa untuk tidak melakukan pungutan liar (Pungli).

"Saya nggak apa-apa disebut camat rewel juga. Daripada nanti ada masalah gara-gara pungli. Makanya selalu disampaikan di forum minggon," ujar Dedi.

Dia menyampaikan, bahaya dari adanya pungli adalah adaya antipati masyarakat untuk mengurus dokumen yang berkaitan dengan pemerintahan. Belum lagi saat ini tim Saber Pungli terus mengawasi instansi pemerintahan yang melakukan pelayanan. "Kalau Saber Pungli-kan tidak melihat berapa uang yang dipungutnya. Ini yang harus diingat," bebernya.

Dia juha mengaku tidak pernah ada tarif tertentu untuk mengurus dokumen kependudukan seperti KK, KTP dan akta. Bahkan dia menganjurkan agar warga mengurus dokumen tersebut oleh sendiri untuk bisa lebih yakin bahwa dokumen yang diurusnya memang sesuai prosedur. "Saya harap urus sendiri yah. Itu gratis kok," tambahnya.

Beda halnya, tambah Dedi, jika diurus oleh orang lain, karena dalam kehidupan sosial tidak bisa dipungkiri, setiap orang yang mengerjakan sesuatu biasanya mendapatkan imbalan. Tapi, tambah Dedi, imbalan tersebut jangan sampai ditarif, sehingga meskipun ada warga yang memberikan imbalan itu tidak menjadi permasalahan. "Kalau ada warga yang pengen ngasih dan itu iklas, itu beda cerita yah. Saya nggak membahas itu," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, kepada pemerintahan desa untuk bisa memberikan pelayanan secara maksimal, maka harus diurus secara serius. Jangan sampai ada warga yang mengadu ngurus dokumen lama dan ternyata pemerintahan desanya tidak ngurus secara serius. "Biasanya yang menjadi masalah itu ada warga yang memercayakan kepada perangkat desa untuk ngurus. Tapi berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun nggak kunjung selesai," tandasnya.

Sementara Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Karawang Nining Ratnaningsih menjamin jika warga yang mengurus dokumen kependudukan langsung oleh dirinya maka tidak akan ada pungutan sepeserpun. "Datang saja sendiri ke catpil, pasti gratis, tidak ada pungutan sama sekali," tandasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template