Ruang Istirahat Jarang Digunakan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ruang Istirahat Jarang Digunakan

Ruang Istirahat Jarang Digunakan

Written By Admin Raka on Sabtu, 26 Mei 2018 | 17.15.00

TELUKJAMBE, RAKA - Untuk melindungi anak-anak dan keluarga pasien dari ancaman penyakit, manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang sengaja menyiapkan ruang beristirahat dilingkungan rumah sakit, sehingga tidak harus tidur di kamar pasien. Cuma sayang, kesadaran mereka memanfaatkan fasilitas yang disediakan itu masih minim.

"Kami sengaja sediakan tempat beristirahat bagi keluarga pasien, terutama anak-anak agar tidak tidur di kamar pasien. Karena berinteraksi secara langsung dengan pasien bukan saja menghambat proses kesembuhan pasien tetapi juga rawan bagi mereka terserang penyakit," terang Asep Irawan petugas di bidang humas RSUD Karawang, Jumat (25/5).

Keluarga pasien tersebut, terang Asep, lebih suka memiliki lorong-lorong rumah sakit untuk beristirahat. Padahal yang mereka lakukan itu bukan saja membuat lingkungan rumah sakit jadi tidak nyaman tetapi juga mengganggu aktifitas di lingkungan rumah sakit. "Kesadarannya masih kurang, mereka lebih memilih lorong rumah sakit untuk istirahat. Kalau ditanya alasannya klasik karena terlalu jauh dari kamar pasien," ucapnya. 

Menurut Asep, upaya-upaya RSUD untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dan pengunjung rumah sakit sudah optimal. Dari penambahan apotek, toilet sampai tempat beristirahat keluarga pasien juga sudah disediakan. Sayangnya, keseluruhannya seperti belum teroprimalkan. "Bentuk upaya RSUD Karawang memberikan pelayanan maksimal sudah dilakukan termasuk menyediakan bangunan permanen untuk istirahat keluarga pasien, terutama anak-anak," tegasnya.

Keluhan kurangnya kesadaran pengunjung rumah sakit untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan pun ternyata masih diperburuk dengan minimnya sadar bersih yang dimiliki. Itu terlihat dengan masih seringnya kedapatan pengunjung rumah sakit yang membuang sampahnya sembarangan. "Kurangnya rasa memiliki mereka pun patut disayangkan. contohnya masih saja ada yang buang sampah sembarangan, padahal sudah jelas-jelas di sediakan tempat membuang sampah dan merokok di lingkungan tersebut, " akunya.

Keluarga salah seorang pasien, Haslinda (29) Warga Kecamatan Purwasari mengatakan rumah sakit umum Karawang kini mengalami perubahan yang positif. Tempat yang tadinya di rumah sakit itu terlihat kumuh, kata dia, kini lebih referensentatif dan nampak indah. "Dulu sebelum ada tempat istirahat di lokasi  itu, nampak semerawut penuh sesak orang-orang lalulalang. Sekarang sudah tertata dan bersih, cuma saja saya masih suka melihat ada yang merokok disini. Kalau bisa rumah sakit ini steril dari asap rokok," tukasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template