RSUD Masih Soroti Soal Kebersihan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RSUD Masih Soroti Soal Kebersihan

RSUD Masih Soroti Soal Kebersihan

Written By Admin Raka on Senin, 07 Mei 2018 | 19.00.00

TELUKJAMBE, RAKA - Beberapa hari ini persoalan kebersihan mendapat sorotan serius pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang. Bahkan saking pentingnya pihak rumah sakit sampai membentuk Tim Kebersihan Sapujagat di rumah sakit itu, sekaligus menjadi komitmen RSUD untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah sakit tersebut.

Petugas Bagian Rumah Tangga RSUD Rahmadi Waluyo mengatakan jumlah anggota Sapujagat keseluruhannya 10 personel. Waktu kerja pun terencana selama dua hari dalam seminggu yaitu hari Rabu dan Jumat. Jadwal mereka pun diprioritaskan kepada kebersihan ruang, lingkungan dan halaman rumah sakit RSUD Karawang. "Tim khusus kebersihan ini tugasnya membuat lingkungan rumah sakit menjadi bersih dan nyaman sehingga RSUD Karawang bisa menjadi rumah sakit yang bisa direkomendasi sebagai rumah sakit yang baik," ucap Rahmadi, belum lama ini.

Ditambahkan Rahmadi, tiga stakeholder yang menginisiasi terbentuknya tim Sapujagat masing-masing Tim Pencegahan Pengendalian Inspeksi RSUD Karawang, K3 dan Rumah Tangga RSUD Karawang. "Ketiga tim yang memberikan reward atau hadiah bagi tim yang terbentuk ini," ucap Rahmadi.

Selain tim khusus ini, satuan lain yang juga berperan terciptanya lingkungan nyaman dan bersih lingkungan RSUD adalah satuan keamanan di rumah sakit itu. Konsep keamanan di lingkungan rumah sakit ide pemikirannya dari instansi pelayanan kesehatan. Konsep itu untuk menciptakan dan memelihara keamanan dan kenyamanan. Baik bagi pasien maupun pelaksana pelayanan kesehatan yang meliputi semua aspek.

Sebelumnya Petugas Kebersihan RSUD Alan (33) juga mengingatkan agar upaya membangun kesadaran masyarakat soal kebersihan di lingkungan rumah sakit dilakukan lebih serius lagi. Sampai saat ini masih saja ada pengunjung yang membuang sampah disembarang tempat. "Saya dan rekan-rekan sudah membersihkan rumah sakit dua kali tapi sampah memang sulit dihilangkan," ucapnya.
Diberitahu kalau lingkungan yang bersih bisa memicu lebih cepat kesembuhan pasien, Alan hanya mengatakan tim kebersihan RSUD akan berusaha lebih optimal lagi. Karena, biar bagaimanapun apa yang menjadi pekerjaannya juga bagian pelayanan rumah sakit. "Persoalannya, pengunjung rumah sakit pun harus lebih sering diingatkan agar tidak membuang sampah sembarangan," katanya. (ari) 
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template