Reformasi Pengadilan dan Akreditasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Reformasi Pengadilan dan Akreditasi

Reformasi Pengadilan dan Akreditasi

Written By Admin Raka on Senin, 28 Mei 2018 | 13.00.00

PN Terapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu


PURWAKARTA, RAKA - Dalam rangka melaksanakan reformasi pengadilan dan akreditasi penjamin mutu pengadilan, Pengadilan Negeri (PN) Purwakarta selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan.

“Untuk memberikan pelayanan terbaik itu, PN Purwakarta kini telah mengaplikasikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan sudah berjalan sejak April 2018 lalu,” kata  Sekretaris PN Purwakarta Gegen Diosya Sr SH MH, kemarin.

Dijelaskannya, saat memasuki gedung PN Purwakarta masyarakat dapat langsung memilih layanan yang hendak dimanfaatkannya. “Layanan PTSP di PN Purwakarta terbagi menjadi 4 macam, keempatnya adalah pelayanan bidang pidana, perdata, hukum, dan pelayanan bidang umum,” ujarnya.

Di meja pelayanan bidang pidana, sambung Gegen, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan terkait pelimpahan berkas-berkas pidana, baik dari kepolisian atau kejaksaan, di mana di dalamnya menyangkut izin penyitaan dan lain sebagainya. “Sedangkan di meja pelayanan bidang perdata, masyarakat akan dilayani terkait perwalian, izin menjual, menjaminkan atau pembagian harta. Ada pula layanan ganti nama, perbaikan akta kelahiran, pengesahan perkawinan dan kematian, pengangkatan anak, dan lainnya,” kata Gegen.

Sementara di meja pelayanan bidang hukum, sambungnya, masyarakat bisa mendapatkan layanan terkait pendaftaran surat kuasa, SK insidentil, pendaftaran badan hukum, CV, dan surat-surat keterangan lainnya seperti tidak dicabut hak pilihnya, dan lain-lain. “Ada pun di meja pelayanan bidang umum menyangkut seluruh surat masuk dinas ke PN Purwakarta dari instansi lain, baik itu di bidang kesekretariatan mau pun kepaniteraan,” ujarnya.

Lebih lanjut Gegen menjelaskan, PTSP ini di samping betujuan untuk memberikan pelayanan lebih mudah dan praktis bagi masyarakat, juga untuk mencegah praktik-praktik pungutan liar, gratifikasi, dan lainnya. “Kami ingatkan, seluruh petugas PTSP di PN Purwakarta sudah dibekali arahan dan motivasi untuk tidak menerima uang atau tips dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Adapun biaya yang timbul dalam proses tersebut, misalnya biaya administrasi langsung disetorkan ke bank oleh masyarakat,” ucapnya.

Dengan adanya layanan PTSP pula, kata Gegen, masyarakat pencari keadilan sudah tidak perlu lagi masuk ke ruangan kepaniteraan atau pejabat pengadilan lainnya untuk menyelesikan proses-proses hukum yang akan dilakukan di PN Purwakarta. “Jadi cukup dilayani di meja PTSP tadi, kecuali ada hal-hal yang bersifat insidentil yang tidak bisa diselesaikan petugas PTSP. Misalnya, menyangkut penyelesaian atau permohonan eksekusi, dan lainnya,” kata Gegen.(ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template