Ramadan Rawan Permainan Harga Sembako - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ramadan Rawan Permainan Harga Sembako

Ramadan Rawan Permainan Harga Sembako

Written By Admin Raka on Senin, 07 Mei 2018 | 12.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA -  Kurang dari dua pekan lagi, bulan Ramadan tiba. Meningkatnya daya beli masyarakat menjelang bulan suci itu diantisipasi Bulog Sub Divre Karawang-Bekasi agar harga dan stok pangan cukup. Salah satu solusinya menerjunkan tim Satgas Pangan ke pasar-pasar untuk memeriksa dan memastikan kondisinya tetap stabil.

Kepala Bulog Sub Divre Karawang - Bekasi Sulais mengatakan, menjelang Ramadan dan sampai lebaran, pihaknya memastikan stok pangan seperti beras, telur, minyak sayur dan daging aman, begitupun harganya yang diharapkan masih akan stabil sampai Idul Fitri nanti.

Di lapangan, sebut Sulais, ada Satgas Pangan untuk memeriksa harga dan stoknya yang melibatkan aparat kepolisian dan Satpol PP. Tentu saja, pengendalian stok dan harga ini, pihaknya siap antisipasi bekerjasama bareng pemerintah daerah dan Satgas Pangan. Itu sebutnya,  dalam rangka pelaksanaan gerakan stabilisasi harga pangan dan operasi pasar CBP yang melibatkan distributor, mitra Bulog, pedagang pasar dan bersinergi dengan BUMN." Memastikan harga dan stok aman. Kita kerjasama bareng pemkab dalam rangka pelaksanaan gerakan stabilisasi harga pangan dan operasi pasar," katanya kepada Radar Karawang.

Sulais menambahkan, salah satu upaya menstabilkan harga dan stok pangan, diantaranya dengan menambah pasokan atau suplai beras dan bahan pokok pangan lainnya ke pasar-pasat melalui distributor, mitra Bulog, pedagang pasar, sinergi BUMN serta Satgas Bulog. " Kita akan tambah pasokan beras dan bahan pokok lainnya," katanya.

Di lapangan, Kasie Trantib Kecamatan Lemahabang Indra Kelana mengatakan, pihaknya sudah turun langsung melakukan giat operasi pasar dalam rangka memantau harga-harga sembako menjelang bulan suci Ramadan 1439 hijriah yang dimulainya sejak  hari Jumat (4/5). Hasil pemantauannya di pasar, harga sembako sebagian memang sudah mulai ada kenaikan,  seperti gula pasir,  cabe merah,  ayam potong dan minyak sayur baik yang curah maupun yang berlebel.  Sementara untuk harga daging sejauh ini stabil atau normal,  begitupun dengan beras. Pihaknya menghimbau  untuk para pedagang,  agar  tidak memainkn harga,  khususnya untuk kebutuhan pokok masyarakat jelang Ramadan ini. "Kita sudah operasi pasar, hasilnya masih stabil walau beberapa ada yang mulai naik," katanya.

Diakui Indra,  menjelang bulan  Ramadan tahun ini, dia khawatir banyak spekulan atau pelaku ekonomi menggunakan kesempatan untuk menaikan harga-harga kebutuhn pokok. Bila memang ada kenaikan harga sembako, maka diharapkannya, kenaikan itu diambang batas wajar tanpa ada unsur kepentingan sepihak. Karenanya, baik pedagang, pengepul dan spekulan harus bisa mengutamakan kepentingan masyarakat." Jelang hari H Ramadhan itu biasanya ada spekulan, tapi kita wanti-wanti agar harga naik dengan wajar," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template