PPDB Online di 159 SMP - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PPDB Online di 159 SMP

PPDB Online di 159 SMP

Written By Admin Raka on Rabu, 09 Mei 2018 | 12.00.00

Ada Jalur Khusus Bagi Anak Guru

KARAWANG, RAKA - Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional tingkat sekolah dasar sudah selesai. Sekarang, tinggal berburu kursi SMP favorit. Untuk mengatur jalannya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018-2019 di Kabupaten Karawang, kemarin Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) rapat dengan DPRD. Hasilnya muncul rencana soal jalur PPDB hingga jalan khusus bagi anak dari seorang guru atau dosen. 

Sekretaris Disdikpora Kabupaten Karawang Nandang Mulyana mengatakan, setiap SD, SMP dan SMA sederajat yang berada Kabupaten Karawang Harus menjalankan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Diantaranya pelaksanaan PPDB SMP yang akan menggunakan jalur prestasi, afirmasi dan luar kota. "PPDB menggunakan sistem online. Pelaksanaannya mulai tanggal 5 Juni sampai 11 Juni 2018," ungkapnya kepada Radar Karawang, Selasa (8/5) kemarin.
Ia melanjutkan, di Kabupaten Karawang ada 159 SMP. Masing-masing sekolah bisa menerima 11 rombongan belajar. Sedangkan jumlah siswa dalam satu rombel minimal 20 orang dan paling banyak 32 siswa. "Meski begitu, pihak sekolah bisa menerima 40 siswa dalam satu kelasnya, karena sudah ada surat edaran Mendikbud," tambahnya.

Sementara itu, Kabid SMP Disdikpora Karawang Cecep Mulyawan mengatakan, pelaksanaan PPDB tahun sekarang akan ada yang berbeda. Pasalnya, pihaknya mempunyai rencana untuk memberikan perhatian kepada putra dan putri guru. "Rencana kami, akan memasukan satu poin lagi dalam PPDB tahun sekarang. Untuk guru bisa memasukan putra putrinya ke SMP yang dipilihnya. Hal itu sebagai bentuk penghargaan guru yang telah membantu dalam mencerdaskan generasi bangsa," katanya.
Ia mengaku, perencanaan itu tinggal menunggu persetujuan pemerintah daerah. "Satu poin ini belum sahkan, karena harus nunggu perdanya dulu," pungkasnya.Wakil Ketua Komisi D Endang Sodikin mengatakan, ada beberapa jalur yang akan digunakan dalam PPDB tahun sekarang. Pertama jalur prestasi sebanyak 10 persen. Jalur lingkungan dibagi tiga, yaitu bagi siswa yang berada di lingkungan sekolah, tetangga desa, dan satu kecamatan. Sedangkan jalur ketiga adalah untuk siswa di luar daerah. "Ada penambahan poin. Untuk guru honor kategori dua atau sukwan, bisa menyekolahkan putra putrinya di sekolah pilihan mereka. Begitu juga bagi dosen.
Semua poin itu belum disahkan, akan tetapi akan didorong untuk dibuatkan perda," ujarnya. (acu)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template