PKL Jalur Mudik Belum Didata - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PKL Jalur Mudik Belum Didata

PKL Jalur Mudik Belum Didata

Written By Admin Raka on Kamis, 31 Mei 2018 | 14.45.00

KARAWANG, RAKA - Pedagang kaki lima mudik lebaran mulai bermunculan di sepanjang jalur mudik Jalan Baru, Rabu (30/5). Keberadaan puluhan PKL ini sudah seperti tradisi, muncul disaat arus mudik dan menghilang setelah mudik. Hingga kemarin, belum terlihat adanya pendataan oleh Satpol PP terhadap kehadiran mereka. 

Seperti diungkapkan Komar (54) PKL asal Tanjungpura yang saat itu sedang memperbaiki warungnya, Rabu (30/5). Dia memang membuka warung dadakan setiap kali musim mudik lebaran, dan akan membongkarnya sendiri setelah lebaran usai. "Kita lakukan seru-seruan di jalur lintas utama mudik ini. Sebetulnya sih bukan mengejar keuntungan karena pemudiknya juga tidak banyak yang mau berhenti disini, melainkan untuk melengkapi saja. Belum lengkap rasanya kalau belum jualan ketika mudik lebaran," ungkap Komar.

Masih dikatakan Komar, bukan cuma dirinya tetapi hampir semua pedagang dadakan musim mudik lebaran di Jalan Baru ini saling mengenal, karena memang masih wajah-wajah lama. Sebelum membangun warung pun diantara pedagang sudah janjian terlebih dahulu, demikian penempatan lokasi dagangnya, ada yang kebetulan berdekatan malah ada yang berjauhan. "Dagang disini mah tidak ada untungnya, tapi karena senang jadi hiburan tahunan," ucapnya.

Dikatakan Komar, kerugian berdagang di Jalan Baru sudah pasti ada. Terlebih setelah bermunculan pedagang-pedagang baru yang kemudian memberikan harga tidak berdasarkan kesepakatan antar pedagang. Alhasil, pendapatan pun jadi tidak merata. "Sepinya dagangan disini sudah berlangsung dua tahun terakhir akibat bermunculannya pedagang baru yang menaikkan harga seenaknya. Misalkan untuk kopi sebelumnya cuma Rp 3000 segelas tapi dinaikkan jadi Rp 5000 segelas. Akibatnya para pemudik juga selalu bawa pembekalan sendiri dari rumahnya," ucap pedagang yang buka warung di KW 7 Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat.

Komar sendiri mengakui biasanya jalur mudik Jalan Baru ramai pada H-10 lebaran, makanya dari sekarang dia sudah mulai mempersiapkan warungnya sebelum mengisinya dengan berbagai berbagai kebutuhan makanan siap saji. Komar tidak menyangkal kalau sampai saat ini belum ada pendataan dari Satpol PP terkait jumlah pedagang yang membuka warung di sepanjang jalur mudik itu. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template