Petasan Dijual Bebas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petasan Dijual Bebas

Petasan Dijual Bebas

Written By Admin Raka on Jumat, 25 Mei 2018 | 11.30.00

Satpol PP Belum Ada Rencana Penertiban


PURWAKARTA, RAKA - Sejumlah pedagang petasan dan kembang api dalam beberapa hari belakangan mulai bermunculan sejak datangnya bulan suci Ramadan tahun ini. Pedagang kembang api dan petasan tersebut, mulai bermunculan di sekitaran Jalan Terusan Ibrahim Singadilaga, Pasar Jumat, serta Pasar Rebo.

Salah seorang pedagang di Jalan Baru Maracang yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, dirinya biasa berjualan dari mulai jam 3 sore sampai dengan jam 10 malam.

"Sekarang mulai banyak yang jual petasan dan kembang api, mereka ini mulai terlihat sejak pukul tiga sore dan biasanya mereka berjualan hingga pukul 10 malam," jelas dia.

Para pedagang petasan ini, tambah dia, selain menggelar lapak juga membawa meja atau pun gerobak, mereka menggelar barang dagangannya di pinggiran jalan atau tempat-tempat yang banyak dilalui orang. "Kehadirin pada pedagang petasan ini sifatnya musiman seperti pada hari raya Idul Fitri, Idul Adha, bulan puasa Ramadan dan malam pergantian tahu baru," terangnya.

Ia juga mengatakan, pedagang petasan di kawasan tersebut bisa memperoleh keuntungan mencapai 200 ribu per hari, namun jika sudah dekat lebaran bisa juga mencapai 500 ribu dengan banyaknya warga yang membeli aneka kembang api maupun petasan. "Berdagang petasan itu harus waspada, karena sering ditangkap petugas ketertiban dan petugas kepolisian dan juga sering menjadi bahan cemooh orang, karena dinilai dapat mengganggu ketentraman warga. Juga tidak ada usaha lain, ini juga tambahan untuk biaya keluarga. Petasannya juga tidak saya pajang, yang dipajang cuma macam-macam jenis kembang api," papar ia.

Sementara Bidang Keamanan dan Ketertiban Umum, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purwakarta Beeny mengatakan, pihaknya masih berkutat pada penertiban pedagang dadakan di Jalan Protokol sehingga belum mengarah ke pedagang petasan. "Masih penertiban pedagang dadakan disekitaran perempatan taman pembaharuan terus ke Pasar Jumat, Jalan Tengah, Situbuleud lanjut ke Sindangkasih sampai perempatan parcom dan ke Tol Jatiluhur," jelas dia.
Untuk penertiban pedagang petasan dan kembang api, lanjut dia, akan dilakukan sesudah penertiban pedagang dadakan beres. "Pedagangnya diberi penjelasan supaya tidak menjual barang jualannya di jalan dan trotoar serta ditegur guna berjualan didepan toko. Untuk penertiban petasan setelah ini beres," pungkasnya. (ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template