Petani Klari tak Bisa Tebus Pupuk Bersubsidi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Klari tak Bisa Tebus Pupuk Bersubsidi

Petani Klari tak Bisa Tebus Pupuk Bersubsidi

Written By Admin Raka on Minggu, 06 Mei 2018 | 14.30.00

KLARI, RAKA - Ratusan petani di wilayah Kecamatan Klari terncam tidak bisa menikmati bantuan subsisdi pupuk yang diberikan oleh pemerintah. Pasalnya sampai saat ini Kartu Tani yang menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut belum dibagikan.
Hal tersebut disampikan langsung oleh Kepala UPTD Pertanian Klari, Ir.Sutikno. Pentingnya kartu tani yang harus dimiliki oleh setiap petani menjadi modal bagi mereka dalam mendapatkan bantuan. Maka jika ratusan petani belum mendapatkan kartu tersebut bukan hanya bantuan subsisdi pupuk saja yang tidak bisa dimanfaatkan namun juga bantuan lainnya juga sama tidak akan bisa diambil. "Belum dibagikan, masih menunggu untuk pendistribusiannya nanti," terangnya.
Tercatat kata dia, dari luas area peswahan yang ada di Kecamatan Klari sendiri seluas 1.477 hektare dan itu milik ratusan petani. Karena belum dapat kartu tani, petani terpaksa belum bisa menikmati bantuan dari pemerintah tersebut. Untuk membeli pupuk saja mungkin mereka tanpa mengandalkan subsidi atau bantuan. "Bukan mampu tapi karena kondisi juga, kalau sudah ada kartu tani mungkin bisa menikmati subsidi," ungkapnya.
Dia menjelaskan, keuntungan menggunakan pupuk subsidi banyak perbedaan lainnya seperti harga pupuk perkilogram-nya. Bayangkan saja pupuk urea yang bersubsidi hanya berkisaran harga Rp1.800 perkilogram-nya sedangkan yang non subsidi itu hampir mencapai Rp4.000 perkilogram-nya. "Perbedaaan harga saja sudah 2 kali lipat bahkan lebih," ungkapnya.
Sementara salah satu petani, Emuh (56), warga Dusun Karangsarisari, Desa Duren mengaku tidak pernah mendapatkan kartu tani dari pemerintah sebagai bentuk bantuan. Untuk membiayai ladang sawahnya saja dirinya masih menggunakan uang pribadinya. "Nggak, nggak punya beli pupuk juga pake uang sendiri," akunya. (yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template