Pertamina Gas Pamer Program CSR - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pertamina Gas Pamer Program CSR

Pertamina Gas Pamer Program CSR

Written By Admin Raka on Jumat, 25 Mei 2018 | 14.45.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Pertamina Gas West Java Area Distrik Cilamaya menggelar kegiatan buka puasa bersama Rabu (23/5). Selain bersilaturahmi bersama para unsur Muspika Kecamatan, Staff dan Manajemen Pertamina Gas di Dusun Pangkalan Desa Cilamaya tersebut juga menyampaikan pencapaian Coorporate Sosial Responsibilitiy (CSR) binaannya selama beberapa tahun terakhir.

Official CSR Pertamina Gas Distrik Cilamaya, Tedy Abdi Yanto mengatakan, kegiatan buka bersama saat ramadan ini merupakan kegiatan yang tujuannya mengakrabkan tali persaudaraan dan silaturahmi antar manajemen Pertamina Gas dengan unsur Muspika Kecamatan, sehingga terjalin saling mengenal satu sama lainnya. Begitupun ia manfaatkan momen ini untuk menyampaikan ragam informasi kaitan program dan CSR Pertamina Gas yang sudah membina lingkungan dan masyarakat di wilayah kerja Pertamina ini. "Kegiatan ini silaturahmi saja sambil kami sampaikan beragam program CSR dari Pertamina Gas beberapa tahun terakhir pada lingkungan masyarakat Cilamaya," katanya.

Ia menambahkan, beragam program sudah dikucurkan untuk memberdayakan masyarakat Cilamaya dari hasil CSR Pertamina Gas, antara lain seperti Pembinaab mandii usaha Kerupuk Kulit,  Koperasi Domba Masjapi, Pusat perbelanjaan pertanian Organik, Penghijauan, Rutilahu hingga budidaya lele di Pondok pesantren. Masing-masing diberi kesempatan menyampaikan testimoninya kaitan program yang sudah digulirkan kepada masyarakat Cilamaya di wilayah kerja Pertamina Gas ini.

Karena, tahun ini program masih akan terus berlanjut dan ditambah dengan inovasi baru bagi masyarakat agar semakin termotivasi dan terinspirasi dari program-program pemberdayaan ini. Dirinya sebut Tedy, juga tak menampik ragam aspirasi dari masyarakat yang di wakili Camat, seperti penanggulangan tanggul dan perbaikan jalan, namun hal itu masih harus dikaji dulu, apakah berbenturan atau tidak dengan kebijakan dari Pemkab, dan mana yang harus bertanggungjawab mengatasinya. "Kita berikan program ya memang pada wilayah kerja Pertamina Gas, kalau urusan tanggul dan jalan rusak, kita harus kaji dulu," ungkapnya.

KH Abdul Ghofar, Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, Desa Tegalsari mengatakan pihaknya mengaku selama ini sudah dilatih kemandirian Padi Organik dengan pilot projek 1 hektar lahan oleh Pertamina Gas. Hasilnya sebut Ghofar, sebanyaj 5,9 ton keuntungan bersih atau Rp 11,4 juta bisa didapati produksinya. Selain itu, kebun organik dengan 450 ikat mampu juga hasilkan Rp 1,6 juta dalam waktu tak kurang dari dua bulan, sementara Lele Bioflok 600 kg/didapat selama 3 bulan dengan keuntungan Rp 8,6 juta.

Semuanya, dibantu pihak Pertamina gas dalam mewujudkan santrinya yang mandiri bercocok tanam, beternak lele dan berkebun, hasil semua itu sebut Ghofar disyukurinya karena selain diberikan program, pihaknya dibina secara kontinyu untuk menghasilkan produksi pertanian yang baik. "Kita dibantu bukan saja programnya, tapi juga pembinaannya sampai produksinya kita sukses," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template