Penjinak Bom Dikerjai Buruh Pabrik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penjinak Bom Dikerjai Buruh Pabrik

Penjinak Bom Dikerjai Buruh Pabrik

Written By Admin Raka on Kamis, 24 Mei 2018 | 12.15.00

KARAWANG, RAKA - Perbuatan iseng jika keterlaluan bisa berakibat fatal. Apalagi keisengan itu berbau teror yang saat ini lagi sensitif. Apalagi kalau bukan teror bom. Gara-gara itulah seorang karyawan PT KAO berinisial RM harus berurusan dengan kepolisian. 

Begini ceritanya. Berawal dari mengisi waktu senggang di tempat kerja, tiba-tiba muncul dalam pikiran RM untuk mengerjai teman satu pabrik. Setelah lihat sana lihat sini, mata RM tertuju pada sebuah kaleng aibon kosong, ban, baterai tipis, serta kabel dari bohlam berkabel. Tanpa pikir panjang, diapun merakit komponen tersebut menjadi benda mirip bom. "Saya kan kerja di limbah. Itu dapat di limbah. Saya iseng rakit mirip bomnya juga," ujarnya kepada Radar Karawang di Polres Karawang, Kamis (23/5) kemarin.

Setelah karyanya selesai, diapun menaruh benda mirip bom tanpa daya ledak tersebut di dekat sepeda motor milik temannya di parkiran. RM berharap, saat temannya mau mengendarai motor kaget melihat hasil karyanya tersebut. Namun, perkiraan RM meleset. Ternyata yang terkejut bukan hanya temannya, tapi seisi pabrik yang berada di Karawang International Industrial City (KIIC). Keadaan semakin rumit, setelah pihak pabrik menghubungi Polres Karawang, lalu pihak kepolisian meminta bantuan Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Gegana Brimob Polda Jabar untuk memeriksa benda tersebut.

Setelah diperiksa tim penjinak bom, tidak ada satupun unsur dalam benda tersebut yang bisa menimbulkan ledakan. Kepolisian pun meradang. Alhasil, RM diciduk.

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya mengatakan, pihaknya sudah mengamankan satu orang yang diduga sebagai pelaku yang meletakan barang tersebut. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, yang berasangkutan hanya iseng. "Kita akan terus mendalami apakah ada motif-motif lain. Saat ini sedang kita periksa tiga orang saksi lainnya yang ketiganya oknum karyawan dari PT Kao," ucapnya.

Ia juga menyebutkan, hasil pemeriksaan Tim Jihandak tidak ditemukan unsur-unsur bahan peldak. Namun ditemukan kabel dan batre namun bukan bom. Tapi bahan-bahan dari kabel dan batre yang dibuat seperti bom.

"Keterangan sementara salah satu oknum yang kita amankan hanya iseng, kita masih terus mendalami. Tapi kita belum menentukan tindak pidana yang dilanggar, karena masih mendalami unsur tindak pidana yang mungkin dilakukan yang bersangkutan," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template