Penilaian Akhir Zaman Now - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penilaian Akhir Zaman Now

Penilaian Akhir Zaman Now

Written By Admin Raka on Senin, 21 Mei 2018 | 18.30.00

MTs Nihayatul Amal Manfaatkan Android

PURWASARI, RAKA- Kemajuan teknologi, tak selamanya berdampak negatif tapi juga bisa bermanfaat, salah satunya untuk dunia pendidikan. Kecanggihan teknologi ini, dimanfaatkan oleh Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nihayatul Amal Purwasari. Mulai tahun ini, sekolah yang beralamat di Kampung Serang, Desa Mekarjaya, Kecamatan Purwasari ini, akan memanfaatkan android untuk melakukan Penilaian Akhir Tahun Berbasis Komputer (PATBK)

Kepala MTs Nihayatul Amal Purwasari, Halimi mengatakan, penggunaan PATBK ini terinspirasi dari pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang telah dilaksanakan tahun lalu. Namun bedanya, jika UNBK menggunakan komputer, PATBK menggunakan android, sehingga penggunaannya lebih praktis. "Penggunaan program ini didominasi oleh android yang dimiliki oleh siswa. Kalau siswa yang tidak punya android bisa menggunakan komputer yang ada di lab sekolah," katanya, usai sosialisasi PATBK pada siswa, Sabtu (19/5) kemarin.

Tujuan penerapan PATBK di sekolahnya ini, lanjut Halimi, untuk memanfaatkan fasilitas komputer yang ada di sekolah biar berdaya guna. Selain itu, saat ini siswa rata-rata sudah memiliki handphone android, hal ini bisa digunakan siswa untuk kepentingan belajar. "Dengan PATBK ini juga, bisa meningkatkan kompetensi siswa. Selain itu, ini merupakan syiar madrasah kepada masyarakat bahwa madrasah juga sangat memperhatikan teklonolgi. Terutama bagi para gurunya yang juga harus melek IT. Program ini akan mulai diterapkan 21 Mei 2018," paparnya.

Teknis penggunaan program ini, tambah dia, sangat praktis. Siswa yang memiliki handphone android wajib di bawa, bagi yang tidak memiliki difasilitasi di lab madrasah. Siswa bisa melaksanakan PAT lebih fleksibel, bisa di ruangan dan bisa di halaman madrasah sesuai selera siswa, akan tetapi tetap dalam pengawasan guru. "Siswa tinggal mendownload aplikasi lalu diinstal. Aplikasi ini sangat simple dan keren. Dan di dalam aplikasi ini juga difasilitasi analisis soal, jadi bisa melihat tingkat kesukaran soal," pungkasnya. (asy)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template