Pengurus KAMMI Purwakarta Dilantik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengurus KAMMI Purwakarta Dilantik

Pengurus KAMMI Purwakarta Dilantik

Written By Admin Raka on Selasa, 29 Mei 2018 | 12.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Pengurus Daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Purwakarta resmi dilantik, Sabtu (26/5) kemarin. Kegiatan ini dirangkai dengan Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) periode tahun 2018-2020 di aula Janaka Setda Pemkab Purwakarta. Pelantikan pengurus daerah KAMMI Purwakarta disaksikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Purwakarta Ir. H. Tri Hartono, MM mewakili Pj. Bupati Purwakarta dan dihadiri oleh perwakilan Pengurus Pusat dan Wilayah KAMMI Jawa Barat serta tamu undangan dari organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan lainnya.

Ahmad Fadil Fatahillah, S.Pd dilantik  sebagai Ketua Umum PD KAMMI Purwakarta periode 2018-2020 menggantikan Muhammad Fajar, S.Pd. Sementara itu, para pengurus KAMMI beserta jajarannya menyatakan bahwa organisasinya merupakan bagian dari komponen anak bangsa dengan meneguhkan dalam slogan "Sepenuhnya Indonesia".

Kabid Kepemudaan Disdikporaparbud Kabupaten Purwakarta Ahmad Arif Imamulhaq, yang menjadi narasumber pada kegiatan ini mengatakan, Islam masuk ke dalam suatu masyarakat yang tidak zero culture, masyarakat yang sudah memiliki tradisi dan budaya. Tidak terkecuali, ketika Islam masuk ke Indonesia, nusantara waktu itu.

Para ulama atau saudagar muslim menyampaikan dakwahnya tidak serta merta menghapus tradisi ataupun budaya yang ada. Alih-alih menghapusnya, mereka memadu-madankan nilai-nilai keIslaman dengan budaya masyarakat tanpa menghilangkan esensi ajaran Islamnya. "Kejayaan Islam dimanapun tidak pernah menghapus atau menghancurkan tradisi masyarakat sepanjang tidak bertentangan dengan nilai-nilai ajaran yang esensial. Laa yan baghil khuruuj min 'aadatinnaas illa fil haram, begitu kaidah ushul fiqihnya," ujarnya.

Ia juga mengatakan, untuk melanjutkan kejayaan Islam di Indonesia, harus mempelajari sejarah terdahulu, khususnya tentang keislaman dan kebangsaan yang selalu beriringan satu sama lain. "Karenanya, apabila kaum muda muslim ingin melanjutkan kejayaan Islam di Indonesia, dapat mempelajari sejarah yang telah ditorehkan para ulama, cerdik cendekia dan kaum terpelajar terdahulu dalam membangun nusantara dan menjadikan Indonesia sebagai rumah besar ummat dan bangsa. Perlu diingat, Pancasila sebagai common platform kebangsaan kita sebagai nation state itu merupakan sumbangan terbesar ummat Islam untuk keutuhan Indonesia. Karenanya, Keindonesiaan dan keIslaman akan selalu beriringan memajukan nusantara," tandas Arif. (ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template