Penggunaan Dana Desa Mesti Teliti - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penggunaan Dana Desa Mesti Teliti

Penggunaan Dana Desa Mesti Teliti

Written By Admin Raka on Selasa, 08 Mei 2018 | 16.30.00

RENGASDENGKLOK, RAKA- Medapatkan kucuran dana besar dari pemerintah, tak selalu menyenangkan. Karena, banyak keinginan dari masyarakat terkait usulan program. Selain itu, penggunaannya pun mesti teliti dan benar. Jika salah, maka kepala desa selaku penanggung jawab bisa terjerat hukum.

Dikatakan H Hanapi, Kepala Desa Amansari, Kecamatan Rengasengklok, di satu sisi kucuran dana desa sangat membantu bagi perekonomian masyarakat. Namun di sisi lain kepala desa dan perangkatnya sendiri harus benar-benar teliti dalam mengelola dana desa tersebut, agar tidak tersandung dengan hukum. Jika salah, kepala desa bisa diciduk gara-gara ketidakpahamanya. "Jangan dikira mudah, kita perlu kesepakatan antar masyarakat dan ketelitian juga untuk merealisasikan dana desa, karena bukan untuk kepala desa," ucapnya, kepada Radar Karawang.

Saat ini, kesejahteraan masyarakat bisa ditinjau dari desanya masing-masing, meskipun baru pada tataran pembangunan fisik. Namun kemajuan dan kemanfaatan bagi desa sangat dirasakan saat tahun 2015 terakhir, khususnya saat bergulirnya program dana desa. Namun, untuk menghindari penyalahgunaan dana desa tersebut, dalam hal ini tentunya memerlukan ketransparansian terhadap masyarakat yang menikmatinya. Agar keinginan kepala desa untuk korupsi lebih minim. "Kalau kita mau transparansi mah, niat untuk korupsinya juga kecil," ucapnya.

Di tempat yang sama Sekretaris Desa (Sekdes) Amansari, Junita mengatakan, jika transparansi dana bantuan dari pemerintah selalu ia lakukan kepada masyarakat. bahkan untuk menghindari penyalahgunaan, pihak desa terus melakukan trasparansi kepada masyarakat dengan membuat baliho dan semacamnya. "Pokoknya untuk menggarap desa itu bukan hal mudah, cukup rumit dan butuh banyak tenaga dan pikiran," katanya.

Lebih lanjutnya, pemerintah desa merupakan salah satu tolak ukur kemajuan suatu daerah. Karena ketika masyarakat di dalamnya bisa sejahtera, secara tidak langsung pemerintah desanya bisa dikatakan berhasil. Namun hal yang wajar jika menemukan sedikit kendala ataupun perbedaan di antara pandangan masyarakat. "Gak mungkin sempurna lah, yang pasti kita sudah berusaha semaksimal mungkin," ucapnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template