Pelayanan Kependudukan Terkendala SDM - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pelayanan Kependudukan Terkendala SDM

Pelayanan Kependudukan Terkendala SDM

Written By Admin Raka on Kamis, 24 Mei 2018 | 18.00.00

KARAWANG, RAKA - Belum lama ini beredar rumor lambannya pelayanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) lantaran terpengaruh ketidaknyaman lingkungan kerja akibat bangunan kantor yang tidak representatif. Namun, kini bangunan kantornya sudah bagus dan nyaman, sayangnya masyarakat tetap mengeluhkan pelayanannya masih lamban.

Hal itu terbukti dengan panjangnya antrean pemohon yang memohon dokumen kependudukannya lusa kemarin. Bahkan antreannya sampai keluar halaman kantor Disdukcapil. Padahal sebelumnya besar harapan agar terbangunnya gedung yang nyaman dan representatif bisa mempercepat pelayanan, setidaknya memangkas panjangnya antrean. "Seharusnya Disdukcapil melakukan terobosan yang cepat sehingga kedepannya pelayanan yang diberikan, terutama pelayanan pembuatan surat keterangan bisa lebih cepat," ucap Saleh (54) warga asal Desa Panyingkiran, Kecamatan Rawamerta, belum lama ini.

secara terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Yudi Yudiana tidak menampik jika dinasnya sampai saat ini masih kekurangan pegawai, sehingga pelayanan yang diberikan jadi kurang optimal. Namun, disinggung mengenai lambannya pelayanan, dinas ini sendiri mengaku sudah melakukan pelayanan secara optimal, bahkan hingga melakukan program jemput bola untuk memangkas birokrasi pelayanan. Hanya saja, memang karena jumlah pemohon dengan pegawai yang melayani tidak berimbang sehingga pelayanan pun jadi terkesan lama.

Karenanya, menyinggung permintaan tambahan pegawai yang sudah diajukan, kadis hanya berharap supaya hal itu mendapat perhatian serius pemerintah daerah. "Kita berharap pemerintah daerah mengabulkan pemintaan tambah pegawai di lingkungan Disdukcapil, sehingga dengan jumlah pegawai yang memadai kedepannya kita bisa mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat," ucap Yudi. 

Kendati demikian Yudi tetap optimis walau dengan jumlah pegawai yang minim dinasnya masih mampu melaksanakan tugas dengan baik. "Kita yang butuh staf untuk memudahkan pelayanan kependudukan, dan yang mengadakan itu adalah pemerintah daerah bukan Kementerian Dalam Negeri, kecuali pegawai tingkat eselon 2 sampai 4 baru dari pusat," kata Yudi memberi alasan sebetulnya tidak sulit bagi pemda untuk melakukan penambahan pegawai di dinasnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template