Patahkan Pohon Rusak Plafon - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Patahkan Pohon Rusak Plafon

Patahkan Pohon Rusak Plafon

Written By Admin Raka on Kamis, 24 Mei 2018 | 17.15.00

Kantor Kecamatan Lemahabang Diterjang Angin Kencang 

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Tidak sampai terjadi korban jiwa namun akibat terjangan angin kencang disertai hujan deras Rabu (23/5) menimbulkan sejumlah kerusakan serius.
Bahkan angin ribut yang datang secara mendadak itu mencabut pohon besar dan merusak plafon bangunan kantor Kecamatan Lemahabang.

Anggota Satpol PP Kecamatan Lemahabang Salim Atmaja mengatakan peristiwa terjadi pukul 01.00 dini hari cuaca mendadak hujan disertai angin kencang yang bertiup cukup lama dan terus menerus, selain suara tower kantor Kecamatan yang bising di sapu angin, sedikitnya 4 pepohonan besar di lingkungan Kantor Kecamatan juga ikut roboh hingga terangkat akar-akarnya.

Bahkan, saking kencangnya angin sambung Salim, plafon atas langit-langit kantor kecamatan rontok dan berjatuhan dihampir setiap sudut bagian luar kecamatan. Beruntung, kondisi angin yang kencang itu tidak ada orang karena terjadi saat malam hari, tetapi kalau siang hari saat banyak lalu lalang pegawai dan masyarakat yang dilayani, khawatir ada yang tertimpa material plafon, maupun pepohonan.

Karenanya, Rabu pagi, petugas kebersihan langsung merapihkan plafon dan memapas ranting pohon yang tumbang, apalagi kabel-kabel antena Televisi juga ikut terseret tumbang bersama pohon tersebut. "Angin itu bikin ngeri, plafon kantor sampai rontok, pohon juga banyak yang tumbang, kebetulan saya saat itu pas piket," katanya.

Kades Pasirtanjung, Saepudin mengatakan, angin kencang yang berlangsung hampir semalaman itu tidak sampai terjadi puting beliung seperti tahun-tahun sebelumnya yang mengakibatkan banyak kerusakan sampai merusak atap dan fasilitas pendidikan.

Kendati demikian angin ribut yang terjadi dini hari kemarin tetap merusak bangunan warung milik warga yang kebetulan lokasinya dekat areal pesawahan, tepatnya di RT 07/04. Warung itu sebut Sapeudin, baru berdiri dan digunakan selama 5 bulan terakhir, namun karena ada angin kencang, bagian atapnya yang terdiri dari material asbes, rusak disapu angin. Beruntung tidak ada korban jiwa, sebab pemilik terjaga untuk menyiapkan santap sahur saat kejadian. "Kita ada satu warung pinggir sawah rusak disapu anginnya, baru 5 bulan berdiri," katanya.

Kasie Trantibum Lemahabang, Indra Kelana mengatakan, angin yang terjadi semalaman cukup mencekam, apalagi aliran listrik juga sampai mati. Ia menghimbau masyarakat agar tetap jaga kewaspadaan, hati-hati menghadapi cuaca ekstrem dadakan tersebut, buktinya kantor Kecamatan sendiri lingkungannya cukup berantakan akibat plafon bagian belakang rontok dan pepohonnya tumbamg. "Masyarakat diharapkan bisa jaga kewaspadaan dan kehati-hatian, sebab cuaca ekstrem dadakan terjadi kapanpun," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template