Pasang PJU di Perbatasan Wilayah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pasang PJU di Perbatasan Wilayah

Pasang PJU di Perbatasan Wilayah

Written By Admin Raka on Selasa, 08 Mei 2018 | 13.30.00

Anggota DPRD Ingatkan PRKP 

TEGALWARU, RAKA - Dinas Perumahaan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) diingatkan soal penerangan jalan umum (PJU). Saat ini hampir di setiap perbatasan Kabupaten Karawang minim PJU, terutama perbatasan-perbatasan yang berada di wilayah selatan kabupaten ini. 

"Dinas terkait harusnya memasukkan anggaran untuk perencanaan perawatan listrik ke dalam perencanaan penggantian atau pemasangan agar lampu PJU itu bisa menyala maksimal," Ucap Anggota DPRD Empuy Saefulloh, Senin (7/5) pagi. Empuy menyebutkan sejumlah perbatasan yang sampai sekarang perlu penerang jalan umum. Seperti Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru Karawang-Kutamanah Kecamatan Sukasari Purwakarta, Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru-Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan, Desa Kutalanggeng, Tegalwaru - Desa Ciptasari, Kecamatan Pangkalan. 

Dirinya pun menegaskan ada beberapa akses perbatasan menjadi lintasan masyarakat seperti di wilayah Desa Kutamaneuh yang berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta dan Desa Mulangsari yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor, hampir dipastikan tidak ada lampu. Kalaupun ada, terang Empuy itupun dalam kondisi mati karena rusak.

Menurut Empuy, tidak dihidupkannya lampu PJU di beberapa perbatasan itu akan memberikan kesan bahwa Karawang Selatan ini seperti kota mati.

Selain itu lanjutnya, padamnya beberapa lampu PJU ini juga akan dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan melakukan tindakan kriminalitas dan mabuk-mabukan. ”Kita minta kepada Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dalam hal ini Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman agar bertanggung jawab mengurus padamnya lampu PJU ini, untuk benar-benar diperhatikan,” tutur dia.

Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) ini juga meminta, apabila ada lampu PJU yang diketahui rusak, maka harus cepat diperbaiki, sehingga semua PJU yang ada  dapat berfungsi sesuai peruntukannya. Pasalnya, lampu PJU yang sering mati ini, rawan menyebabkan kecelakaan dan tindak kriminal. Bahkan dirinya pun mengaku, bahwa program penerangan desa yang sebelumnya pernah digulirkan oleh pemerintah dan diterapkan di beberapa desa di wilayah dua desa di Kecamatan Tegalwaru, tidak efektif. "Saya tahu sendiri banyak lampu yang hilang dan raib entah sama siapa, dan saya pun berharap desa itu juga proaktif, ikut menjaga aset pemerintah agar masyarakat mendapatkan manfaatnya," pungkasnya. (yfn)

Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template