Miliaran Rupiah Aset Pemda Terlantar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Miliaran Rupiah Aset Pemda Terlantar

Miliaran Rupiah Aset Pemda Terlantar

Written By Admin Raka on Senin, 28 Mei 2018 | 13.45.00

PANGKALAN, RAKA - Miliaran rupiah aset pemerintah daerah terlantar di Kecamatan Pangkalan. Selain yang berada di Desa Cintaasih dan Jatilaksana sejumlah aset dalam bentuk rumah dan bangunan perkantoran tersebar di Desa Ciptasari. Bahkan banyak diantaranya yang sudah ditumbuhi rumput liar.

Berdasarkan penelusuran Radar Karawang, Minggu (27/5) aset berupa gedung dan bangunan itu diantaranya Rumah Dinas Camat Pangkalan dan bekas Kantor Desa Cintaasih yang terletak di samping Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Pangkalan. Mirisnya lagi, bahkan yang beroperasi pun, hampir setiap hari tidak terlihat ada aktifitas seperti di kantor Kebinamargaan Kecamatan Pangkalan yang sekarang sudah berganti nama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

"Saya melihatnya miris, padahal pemerintah sudah menggelontorkan anggaran yang cukup besar, tapi kok tidak dimaksimalkan penggunaannya. Padahal lalgi bangunan-bangunan itu bisa saja diberdayakan untuk kepentingan masyarakat," ucap Syamsudin (32) tokoh pemuda Desa Ciptasari, Kecamatan Pangkalan. Dirinya berharap, pemerintah bisa bijak dalam penggunaan bangunan milik pemerintah, karena pembangunan yang ada menggunakan uang rakyat yang di aplikasikan dalam pembayaran pajak yang diambil oleh pemerintah.

Menurutnya, penggunaan anggaran dan rencana pembangunan harus terukur dan dituangkan dalam rencana jangka menengah dan jangka panjang. "Intinya pemerintah harus taat azas, taat anggaran dan taat administrasi, tidak hanya melakukan pekerjaan yang diinginkan, tapi tidak menyentuh pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tandas Samsudin.

Sementara  tokoh masyarakat Kecamatan Pangkalan,  H. Muhtadin. SH, menambahkan terbengkalainya bangunan yang menggunakan dana milliar rupiah itu merupakan bentuk kegagalan pemerintah dalam mengelola pemerintahan selama ini. “Kami anggap pemerintah kurang mengerti tentang tata kelola pemerintahan, itu sangat kami sayangkan, karena bangunan yang dibiarkan terbengkalai itu menggunakan anggaran hingga miliran rupiah, dan tidak bijak dalam penggunaannya. Seharusnya, ini mesti ada yang mengingatkan, bila perlu evaluasi serius sampai ke ranah hukum, agar jelas, kenapa pembangunan dibiarkan begitu saja dan kenapa tidak digunakan secara maksimal, " tegasnya.

Dirinya, berharap pemerintah juga lebih peka terhadap apa yang ada di lingkungan pemerintah dan penyelenggaraannya sehingga apa yang sudah dilakukan bisa bekerja maksimal, baik di tingkat OPD, pemerintah kecamatan, hingga ke level desa. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template