Merokok Sembarang Denda Rp 50 Ribu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Merokok Sembarang Denda Rp 50 Ribu

Merokok Sembarang Denda Rp 50 Ribu

Written By Admin Raka on Rabu, 09 Mei 2018 | 17.30.00

KARAWANG, RAKA - Bagi para perokok, ini menjadi peringatan untuk lebih berhati-hati. Sebab, jika salah memilih tempat merokok taruhannya Rp 50.000 melayang sebagai denda merokok sembarangan.

Konsekuensi denda uang ini sekaligus pelengkap deklarasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di lingkungan Kecamatan Karawang Barat. Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi denda Rp 50.000. Deklarasi itu sendiri melibatkan semua pegawai pemerintahan di kantor kecamatan itu, dan dibuktikan dengan penandatangan kesepakatan diberlakukan aturan itu di selembar kain berwarna putih.

"Sanksi yang melanggar di denda Rp 50 ribu, dan itu berlaku efektif terhadap semua pegawai di lingkungan kecamatan Karawang Barat," tegas Camat Lasminingrum SH kepada Radar Karawang, Selasa (8/5). Untuk kawasan tanpa rokok nya sendiri, tambah camat, melingkupi bagian dalam ruangan kantor kerja kecamatan Karawang Barat, tanpa terkecuali.

Masih dikatakan Lasmi, sapaan akrab Camat Lasminingrum, dalam deklarasi itu poegawai kecamatan Karawang Barat bersepakat, menjadikan kantor Kecamatan sebagai KTR, Tidak merokok dilingkungan kecamatan kecuali ditempat khusus merokok. Tidak menjual rokok, mengiklankan atau mempromosikan produk tembakau dilingkungan kantor Kecamatan. Selain tidak menyediakan asbak di lingkungan kantor Kecamatan, kecuali ditempat khusus merokok, dan saling mengingatkan bila ada yang melanggar kesepakatan yang dibuat. "Area bebas rokok ada disamping kantor kecamatan dan kita akan buat juga di bagian belakang kantor," ucapnya.

Sebenarnya untuk KTR sendiri, kata Lasmi sudah dilakukan pemerintahan kecamatan sebelum dirinya menjabat camat di Karawang Barat. Karena beberapa peringatan diberbagai tempat kantor Kecamatan itu telah dipasang untuk tidak merokok di kantor. "Sejauh ini bagi masyarakat yang datang yang memohon pelayanan tidak ada lagi yang merokok, dan KTR ini kita tekankan kepada pegawai karena tidak bisa langsung begitu saja perokok itu dihentikan," katanya.

Masih dikatakan Lasmi, pihaknya menginginkan jika deklarasi itu bukan hanya sekedar seremoni yang harus dilakukan, melainkan bagaimana semuanya terutama pegawai harus bisa menjaga apa yang sudah disepakati bersama. "Kita ingin KTR ini bukan hanya dilakukan di hari ini saja, tapi seterusnya untuk dilakukan dan semuanya harus tegas untuk mensukseskan program KTR ini," harapnya. (apk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template