Mau Lebaran Aparat Desa Galau - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mau Lebaran Aparat Desa Galau

Mau Lebaran Aparat Desa Galau

Written By Admin Raka on Selasa, 22 Mei 2018 | 16.30.00

ADD Tahap 1 2018 Belum Cair

BATUJAYA, RAKA- Hingga saat ini, honor aparat desa yang bersumber dari alokasi dana desa (ADD) tahap 1 tahun 2018, belum dapat dirasakan oleh para aparatur desa se-Kabupaten Karawang, terang saja hal tersebut membuat para aparatur desa mengeluh. Apalagi menjelang lebaran, tentunya para aparatur desa tersebut kebingungan karena khawatir tidak dapat membeli kebutuhan untuk lebaran bagi keluarganya. Diduga terlambatnya pencairan ADD tersebut karena proses pengajuan di tahun ini berbeda dengan pengajuan di tahun-tahun sebelumnya yang di nilai berbelit-belit.

Salah seorang aparat Desa Karyamulya, Jaya, mengeluhkan terlambatnya turun ADD, karena hingga memasuki bulan puasa honor perangkat desa tak kunjung cair. Yang biasanya pencairan tersebut diterima di bulan April, sedangkan saat ini sudah memasuki bulan Mei dan hampir lebaran. "Bingung karena sebentar lagi akan lebaran, takut tidak dapat membelikan kebutuhan lebaran bagi keluarga," katanya.

Sedangkan menurut Sekjen Apdesi, Alek Sukardi, hingga saat ini belum ada 1 desa pun di Kabupaten Karawang yang menikmati pencairan ADD tersebut. Ia mengakui terdapat perbedaan dalam segi pengajuan proposal pencairan, di mana tahun ini pemerintah desa diwajibkan membuat RAB untuk pembangunan fisik skala kecil harus melalui dinas  PUPR dan PRKP sehingga terkesan berbelit-belit. "Karena RAB untuk pembangunan fisik skala kecil tahun ini harus melalui dinas terkait, berbeda dari tahun sebelumnya dimana semua RAB dibuat oleh desa dan di verifikasi oleh pihak kecamatan," ungkapnya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, dimana semua RAB dibuat oleh desa dan diverifikasi oleh pihak kecamatan saja. Sehingga ADD tahap pertama dapat dicairkan di bulan April. Jika hal tersebut sudah menjadi peraturan pemerintah, ia berharap khusus untuk penghasilan tetap aparat desa dipisahkan dengan pembangunan fisik sehingga aparat desa dapat menikmati honor tersebut. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template